4 Tips Rahasia Sukses HA Sulaiman HB

HA Sulaiman HB

Pemberangkatan jenazah H Leman dari kediaman menuju Marabahan.

Salah satu putra terbaik banua Kalimantan Selatan, HA Sulaiman HB telah tiada dan meninggalkan banyak kenangan bagi mereka yang pernah berhubungan dengannya.

HA Sulaiman HB telah berpulang ke rahmatullah, Minggu (14/6/2015), dan dimakamkan di Kompleks Kubah H Abdussamad, Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Senin (15/6/2015).

Pada suatu kesempatan yang langka, saya sempat berinteraksi singkat dengan tokoh pengusaha banua ini untuk menjawab rasa penasaran saya akan rahasia suksesnya membangun kerajaan bisnis Hasnur Group.

Kesempatan itu datang ketika rombongan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Selatan bersilaturahmi ke kediaman H Leman (panggilan akrab HA Sulaiman HB) di Jalan Kampung Melayu, Banjarmasin, di pertengahan September 2010.

Pertemuan khusus itu antara para pelaku usaha di Kalimantan Selatan membahas masa depan dunia bisnis di banua dan kaitannya dengan Kadin sebagai induk organisasi pengusaha. Saya adalah satu-satunya anggota rombongan yang bukan pengusaha.

Sebagai seorang jurnalis, saya tak bisa menahan diri untuk tidak bertanya kunci rahasia suksesnya membangun Hasnur Group. Di sela-sela waktu agak lapang, di antara pertemuan para pengusaha itu, kesempatan itu tiba ketika tak ada satu orang pun di samping kursi H Leman.

Saya dekati dia, memperkenalkan diri, dan sebagai pertanyaan pembuka, saya menanyakan sejarah bisnis di keluarganya. Dari sebuah buku, saya sempat membaca bahwa kakek dari H Leman pernah berdagang sampai ke Mataram, Pulau Lombok. H Leman pun menjelaskan riwayat itu, dan keberadaan dirinya yang berasal dari keluarga besar.

Pertanyaan saya selanjutnya adalah tentang bisnis pribadinya.  “Apa rahasia kunci sukses bisnis pian Pak,” kata saya, ketika itu.

Dengan terbuka, H Leman menjawab pertanyaan itu secara urut.

No 1. Jujur kepada diri sendiri

No 2. Ikhlas

No 3. Tabah

No 4. Jujur kepada orang lain

Saya ketika itu sempat menyoal kenapa jujur kepada orang lain berada di urutan terakhir sementara jujur kepada diri sendiri berada di urutan pertama.

Beliau menjawab, “Kalau sudah terbiasa jujur kepada diri sendiri, apalagi jujur kepada orang lain.”

Terkesan dengan petuah-petuah H Leman, keempat  rahasia bisnisnya ini saya jadikan status di halaman Facebook pada 16-17 September 2010.

Hari ini, di saat banyak pihak kehilangan H Leman, saya pun ikut kehilangan karena teringat memori 5 tahun silam. Yudi Yusmili
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Marilyn30-07-2017 20:20:35 Definitely believe that that you stated. Your favorite reason seemed to
    be on the web the simplest thing to bear in mind of.

    I say to you, I definitely get irked whilst people consider concerns
    that they just don't know about. You controlled to hit the nail upon the highest and also outlined out
    the whole thing with no need side effect , people can take a signal.
    Will likely be back to get more. Thanks

Web Statistik

Total Kunjungan : 1759906
Kunjungan Hari Ini : 1497
Online User : 8
Last Update : 22-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]