50 Mahasiswa Ikuti Seleksi Pemilihan Dumas

Pemilihan Duta Mahasiswa Provinsi Kalimantan Selatan 2014

Sebanyak 50 mahasiswa perwakilan dari perguruan tinggi se-Kalsel akan mengikuti seleksi tes tertulis Pemilihan Duta Mahasiswa (Dumas) 2014, Kamis, 3 April di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel.

Menurut Perwakilan dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalsel sekaligus Panitia Pemilihan Duta Mahasiswa, Akhmad Bukhari, tes tertulis akan diadakan setelah peserta melaksanakan tes wawancara. Tes tertulis terdiri dari 50 soal, yaitu 40 soal pilihan ganda dan 10 soal essai. Materi untuk soal meliputi : pengetahuan tentang PIK dan Umum. 

“Sedangkan untuk penilaian sehari-hari dinilai oleh juri bayangan yang akan ditunjuk oleh panitia duta mahasiswa pada saat peserta dalam masa karantina yaitu dari tanggal 4-5 April 2014,” kata Bukhari, Rabu (2/4/2014).

Seleksi penampilan bakat, lanjut Bukhari, akan dilaksanakan pada hari Jumat (4/4/2014). Dengan menampilkan bakat yang dimiliki dan dinilai oleh juri dengan indikator penilaian : Penguasaan Panggung, Penampilan, Kesesuaian Mimik dan Gerak Tubuh.

Selanjutnya, seleksi penampilan bakat peserta Duta Mahasiswa membawa baju dan alat bantu yang dapat menunjang penampilan mereka dalam seleksi tersebut.

Menurut Bukhari, pengumuman 30 besar akan dilaksanakan setelah penampilan bakat pada hari Minggu (6/4/2014) di Atrium Duta Mall Banjarmasin. Penilaian untuk masuk 30 besar berdasarkan seleksi administrasi, wawancara, seleksi test tertulis, penilaian sehari-hari, seleksi penampilan bakat, dan semuanya akan diakumulasikan untuk masuk 30 besar. 
Seleksi Presentasi Paper 15 Besar (30 peserta). Presentasi paper akan dilaksanakan pada hari Minggu (6/4/2014).

Penilaian akan dilakukan oleh juri dengan indikator sebagai berikut : Penguasaan Panggung, Public Speaking, Ketepatan dan Penguasaan Tema, Keefektifan Waktu, Ketepatan Menjawab Pertanyaan Juri.

Pakaian peserta Duta Mahasiswa saat melakukan seleksi  Presentasi Paper menggunakan baju sasirangan. Selanjutnya, seleksi Pertanyaan Random 8 Besar (16 Peserta). Setelah seleksi Presentasi Paper diumumkan peserta yang masuk 8 besar (16 peserta) dan dilanjutkan seleksi Pertanyaan Random (acak).

“Komponen penilaian yaitu pemahaman terhadap substansi materi yang diuji (Program Kependudukan dan KB khususnya Program GenRe). Performance dalam menyajikan materi presentasi yang dipilih. Pemahaman tentang PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Nilai-nilai Budaya Nusantara dan Lokal/Daerah yang bersangkutan serta Lagu Kebangsaan Indonesia  dan Lagu-lagu Perjuangan. Pengetahuan Umum (Nasional dan Internasional), Bahasa Inggris dan lain-lain,” pungkas Bukhari. Woel


 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 2654011
Kunjungan Hari Ini : 569
Online User : 50
Last Update : 20-06-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]