8 Tahun Lumpur Lapindo Diperingati

Peristiwa Lumpur Lapindo 29 Mei diperingati

Patung manusia lumpur di lumpur Lapindo. Foto: Tempo/Fully Syafi

Warga korban semburan lumpur Lapindo akan memperingati 8 tahun tragedi tersebut pada 29 Mei. Peringatan tahunan itu ternyata mengundang perhatian dari turis mancanegara untuk hadir langsung menyaksikan peringatan tersebut.

Jefri, 41 tahun, salah satu turis asal New Zealand Australia, misalnya, mengaku tertarik dengan kawasan lumpur lapindo karena merupakan satu-satunya bencana alam yang sangat langka. “Bencana ini sangat menarik dan langka,” kata Jefri kepada Tempo usai mengabadikan gambar 110 patung manusia lumpur di Desa Siring, Porong Sidoarjo, Selasa (27/5/2014).

Tepat pada tanggal 29 Mei 2014 akan diperingati 8 tahun semburan panas lumpur lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Demi mengenang peristiwa tersebut, korban lumpur memasang 110 patung manusia beserta penampilan lainnya, termasuk akan mendatangkan calon presiden Joko Widodo.

Menurut Jefri, bencana seperti itu tidak ada di negaranya, Australia, meskipun ada tidak sebesar di lumpur lapindo. Apalagi ketika menjelang 8 tahun tragedi lumpur lapindo diperingati dengan memasang 110 patung yang memiliki nilai seni tinggi. “This is amazing,” katanya.

Sekretaris Direktur Humanitus Sidoarjo Fund ini mengaku di komunitasnya yang terdiri dari berbagai ilmuan dari segala bidang keilmuan, banyak mengkaji semburan lumpur lapindo, sehingga dapat menghasilkan temuan-temuan baru ditinjau dari berbagai aspek. “Temuan itu diabadikan dalam situs Humanitus Sidoarjo Fund, silahkan lihat saja,” kata dia.

Adapun salah satu acara yang sudah pernah dilakukan oleh komunitasnya di kawasan lumpur lapindo yaitu memasang bendera dari berbagai Negara di kawasan selatan lumpur lapindo. “Kami lakukan itu sekitar tahun 2013 silam,” kata dia.

Dia datang seorang diri ke kawasan lumpur lapindo, warga korban lumpur juga membantunya untuk mengelilingi kawasan lumpur dan tempat pertama yang dikunjunginya adalah titik 21 Desa Siring Porong yang baru selesai pemasangan 110 patung manusia lumpur.

Sementara itu, ada pula turis yang mengabadikan moment 110 patung itu sejak  pemasangan awal hingga selesai semuanya. Setelah Jefri pulang, rombongan turis itu kembali tiba di kawasan lumpur Lapindo dengan kamera besarnya. Bin

Sumber: tempo.co
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Matthias03-09-2017 01:03:59 Howdy! I'm at work surfing around your blog from my new iphone
    3gs! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts!
    Carry on the excellent work!

Web Statistik

Total Kunjungan : 2152694
Kunjungan Hari Ini : 1081
Online User : 25
Last Update : 24-02-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]