Akar Hidup Kalimantan Banyak Dicari

Akar Hidup Kalimantan

Akar hidup. Foto-foto: Yudi Yusmili

Burhan setiap hari menggelar dagangannya di halaman Gedung Wanita Kayu Tangi Jalan Brigjend H Hassan Basry Banjarmasin. Sejak pukul 9 pagi ia sudah siap menyongsong pembeli yang menghampiri barang dagangannya berupa obatan-obatan alternatif dari hasil alam hutan Kalimantan.

“Salah satu yang saya jual adalah akar hidup. Harganya Rp50 ribu per bungkus,” katanya Kamis (24/4/2014). Akar hidup, menurut dia, berkhasiat untuk menambah vitalitas semangat pria, juga dapat sebagai obat sakit pinggang, rematik, asam urat, kencing manis, darah tinggi, maag dan liver.

Burhan dan Akar Hidup Kalimantan daganganyaAkar hidup dari hutan Kalimantan

Burhan memperlihatkan akar hidup barang dagangannya.

Lelaki berusia 60 tahun yang rajin meminum air rendaman akar hidup ini, mengungkapkan sejak dua tahun silam ia menggelar dagangan di halaman Gedung Wanita di dekat mobil pelayanan SIM keliling. Pembelinya terutama, orang-orang yang mengurus perpanjangan STNK dan SIM.

“Saya jualan hanya sampai jam 11.30. Alhamdulillah ada saja orang yang beli. Pernah ada orang bermobil yang membeli akar hidup sekaligus 10 bungkus senilai Rp500 ribu. Sebelumnya pernah membeli dan membuktikan khasiatnya lalu beli lagi dalam jumlah banyak,” ujar warga Gang Rahman, Jalan Pangeran Banjarmasin ini.

Akar hidup ini langka, tumbuhnya di atas batu. Tiap minggu atau 10 hari sekali saya mengambil pesanan akar hidup sebanyak 100 bungkus di Barabai,” ujar Burhan tentang tanaman langka yang berasal dari hutan di Kalimantan Tengah ini. "Khasiat akar hidup (setelah direndam di dalam air minum kemasan ukuran besar, dikeringkan lalu direndam lagi) bisa sampai 3 bulan. Setelah itu tidak ada lagi khasiatnya, harus akar hidup yang baru lagi," pungkas Burhan. Bin
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 2152618
Kunjungan Hari Ini : 1035
Online User : 30
Last Update : 24-02-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]