Amerika pun Kita Lawan Kalau Mereka Maling

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan Indonesia harus tegas memberantas maling-maling ikan. Menurut dia, ini bukan urusan hubungan bilateral dengan negara-negara, tapi urusan Indonesia dengan pelaku pencuri yang maling ikan di laut Indonesia.

"Jadi kita harus berani, jangankan Tiongkok, Thailand sama Amerika sekalipun kalau mereka maling ya harus kita lawan," tegas Susi di hadapan para nelayan budi daya dan nelayan tangkap di Desa Sigam, Kotabaru sebagaimana dilansir antaranews.com, Senin (15/12/2014).

Dijelaskannya, selama ini banyak kapal asing masuk Indonesia, bertahun-tahun mengeruk kekayaan di dalamnya, dan inilah yang harus diberantas, untuk itu perlu dukungan masyarakat dan media untuk terus mengekspose agar mereka (para pelaku pencurian ikan kapal asing) tahu sikap tegas Indonesia.

Susi  menargetkan beberapa tahun kedepan Indonesia akan terbebas dari penjarahan ikan yang dilakukan kapal-kapal asing yang selama ini mengeruk kekayaan laut kita.  "Untuk itu perlu tindakan tegas untuk menangkap mereka tanpa harus takut dengan negara asal mereka," kata Susi saat menghadiri serangkaian puncak acara Peringatan Hari Nusantara ke-14 di Kotabaru.

Susi menjelaskan dampak nyata dari sikap tegas yang dilakukan dengan menangkap dan menenggelamkan kapal asing, dari ke hari jumlah mereka terus berkurang, seperti di perairan Natuna dari 1.200 kapal asing yang selama ini leluasa mengeruk ikan Indonesia, kini tinggal 138 kapal saja yang terpantau.

Susi menyebut berbagai modus yang mereka lakukan, kapal asing besar-besar di atas 200 GT itu berasal dari Tiongkok dan Thailand, tapi memakai nama dan bendera Indonesia agar bisa mengelabui.

"Tapi kami dari kementerian berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk memburu mereka.  Alhamdulillah dari hari ke hari mereka bisa diusir dan ditangkap, bahkan tadi pagi saya mendapat sms dari panglima laut telah menangkap lagi kapal asing di Natuna," ujarnya. Bin
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Hollis01-08-2017 13:55:57 Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you
    get a lot of spam responses? If so how do you stop it, any plugin or anything you can suggest?
    I get so much lately it's driving me mad so any assistance is
    very much appreciated.

Web Statistik

Total Kunjungan : 3409283
Kunjungan Hari Ini : 2016
Online User : 24
Last Update : 21-10-2018

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]