Anang Ardiansyah Meninggal Dunia

Anang Ardiansyah

Anang Ardiansyah. Yudi Yusmili

Anang Ardiansyah, maestro pencipta lagu Banjar meninggal dunia, Jumat (7/8/2015) dini hari. Almarhum adalah pencipta lagu Paris Barantai.

Anang, kelahiran Banjarmasin, 3 Mei 1938, adalah seniman legendaris yang paling produktif menciptakan lagu-lagu Banjar dengan susunan kata dan syair yang amat kuat. Lebih ratusan judul tercipta antara lain Paris Barantai,  Kakamban Habang, Kambang Goyang, Ading Bastari, Curiak, Mencari Jantung Hati, Pangeran Suriansyah, Damar Wulan, Sangu Batulak dan Giwang Barlian.

Selain Paris Barantai yang begitu melegenda (hingga sempat tanpa seizin Anang dijadikan lagu tema acara Lobi-lobi di stasiun TV RCTI pada era tahun 90-an), lagu Pangeran Suriansyah yang menceritakan perjalanan sejarah kerajaan Banjar kerap ditayangkan stasiun TV lokal.

Perjalanan berkesenian Anang relatif panjang. Sebagai penyanyi ia memulai kariernya sejak tahun 1955 ketika bersekolah di SMA Malang. Ia sempat memperdalam olah vokal di RRI Malang selama dua tahun.

Pada tahun 1958 lagu Paris Barantai direkam perusahaan Lokananta Semarang dalam bentuk piringan hitam. Berkat lagu itu nama Anang menjadi kondang.

Pada periode 1955-1959 Anang aktif di Orkes Rindang Banua Surabaya bersama-sama rekan-rekan seniman asal Banjar, Kalimantan. Beberapa koleganya di grup Rindang Banua antara lain: drg Muhammad, Addi Maswardi, M Amin Barmawi, Saleh Alfaz, Idrus Bach, Alwi Baraqbah, Umar, Syahroni dan Helmi.

"Kalau nyanyi kami koor berlima. Yang lainnya mengiringi dengan musik," ujar Anang, pada suatu kesempatan.

Pada tahun 1966-1970 Anang bernyanyi untuk Band Ananta Ria Jakarta dan rekaman di Remaco Record.

Di luar profesinya sebangai seniman, adalah seorang prajurit TNI AD dengan pangkat terakhir Kolonel (1991). Pada tahun 1997-1999 Anang menjalani kehidupan sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel. Pada 1999-2004 Anang terpilih menjadi anggoat DPRD Kabupaten HSU.

“Aktivitas kesenian saya terus jalan sepanjang hidup sambil jadi tentara dan menjalani karier politik,” ujar Anang.

Menurut catatan, Anang tak kurang telah menciptakan 108 judul lagu sejak tahun 1957 dan memiliki 70 album rekaman. Sebuah karya prestasi yang belum tertandingi oleh seniman pencipta lagu-lagu daerah Banjar lainnya.

Selamat jalan Abah Anang Ardiansyah. Terima kasih atas karya-karyanya yang telah menghibur hati kami, masyarakat banua. Yus
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1630590
Kunjungan Hari Ini : 35
Online User : 16
Last Update : 28-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]