Bacaan Waktu Memulai Khalwat

bacaan khalwat

Ilustrasi foto seorang sufi.

Khalwat adalah tradisi yang dipegang teguh oleh kaum sufi.

Pelaksanaan khalwat (hidup menyendiri atau mengasingkan diri) selama empat  puluh hari berasal dari Nabi Muhammad dan dari firman Allah.

Nabi Muhammad, karena kecintaannya yang luar biasa kepada Allah dan keinginannya yang tulus, melakukan khalwat, dan biasa pergi ke gua Hira, serta menghabiskan malam-malamnya dalam zikir dan ibadah.

Kepada Nabi Musa, Allah berfirman, “ Berpuasalah selama tiga puluh hari  tiga puluh malam.” Kemudian, Allah menambah sepuluh hari lagi dari waktu yang ditentukan. Selama kurun waktu ini, Nabi Musa tidak makan dan minum serta selalu beribadah kepada Allah untuk mempersiapkan diri berbicara dengan-Nya, Nabi Musa perlu melakukan khalwat, demikian juga manusia-manusia lainnya.

Sebagaimana dikutip dari ‘Awarif al-Ma’arif karya Syaikh Syihabuddin Umar Suhrawardi, tentang ihwal khalwat, ketika tiba di pintu khalwat,  seorang sufi mengucapkan: ”Rabbi adkhilni mudkhala shidqin wa akhrijni mukhraja shidqin waj’alni min ladunka sulthanan nashirah – Ya Tuhanku, masukkan dengan cara masuk yang benar dan keluarkan aku dengan cara keluar yang benar pula. Dengan anugerah-Mu, jadikanlah aku seorang raja penakluk” (QS 17:80).

Ketika ia pergi ke sajadahnya, ia melangkahkan kaki kanannya lebih dulu serta mengucapkan: “Dengan nama Allah, dengan rahmat Allah, segala puji bagi Allah, dan salam bagimu ya Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakan pintu rahmat-Mu bagiku.” Ali

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Gonzalo13-04-2017 23:02:19 I have read a few excellent stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting.
    I wonder how a lot attempt you set to make this sort of wonderful informative web site.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1622880
Kunjungan Hari Ini : 654
Online User : 14
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]