Banjarmasin Berultah ke-491

makam sultan suriansyah

Makam Sultan Suriansyah di Kuin. Foto: Dokumentasi Kabar Banjarmasin.

Sejarah lahirnya Kota Banjarmasin tak bisa dilepaskan dari keberadaan kerajaan Banjarmasin yang muncul pertama kali pada abad ke-16.

Cerita bermula dari kemelut perebutan kekuasaan di istana Negara Daha (kerajaan Daha yang terletak di pedalaman hulu sungai) sepeninggal sang raja Sukarama. Sang pewaris tahta yang paling berhak Raden Samudera pun terancam keselamatannya.

Pangeran Mangkubumi naik tahta tapi kemudian terbunuh. Pangeran Tumenggung merebut kekuasaan dan mengangkat dirinya menjadi raja berikutnya.

Raden Samudera menjadi putra mahkota terbuang dan menyembunyikan diri hidup menyamar sebagai penangkap ikan di Muara Bahan, Balandean, Sarapat dan Kuin.

Pertemuannya dengan Patih Masih, penguasa orang-orang Melayu di Banjar Muara Kuin Cerucuk berujung dengan pengangkatan Raden Samudera sebagai raja. Ia kemudian terkenal dengan nama Pangeran Samudera.

Setelah memenangkan pertempuran melawan Pangeran Tumenggung, Pangeran Samudera resmi berdaulat menjadi raja Banjar Islam pertama. Peristiwa kemenangan pertempuran penting yang terjadi pada 24 September 1526 itulah yang lantas diperingati sebagai hari lahirnya Kota Banjarmasin.

Kemenangan Pangeran Samudera diperoleh setelah mendapat bantuan pasukan prajurit Demak yang dikirimkan oleh penguasa Demak waktu itu, Sultan Trenggono. Pangeran Samudera kemudian lebih dikenal dengan gelar Sultan Suriansyah atau Sultan Suryanullah.

Sultan Suriansyah mangkat diperkirakan sekitar tahun 1546/1550 dan mendapat gelar baru sebagai Penambahan Batu Habang.

Hari ini, 24 September 2017, usia Kota Banjarmasin 491 tahun. aly

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 2011290
Kunjungan Hari Ini : 2852
Online User : 27
Last Update : 23-10-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]