Banjarmasin Tak Punya Gedung Perpustakaan

Perpustakaan Kota Banjarmasin boleh bilang ketinggalan jauh dari perpustakaan kabupaten-kota lain di Kalimantan Selatan. Jika kabupaten-kabupaten di Kalimantan Selatan telah memiliki bangunan gedung sendiri, Banjarmasin masih menumpang di kantor lain.
      “Kota Banjarmasin belum ada (memiliki gedung sendiri) perpustakaan, ini menyedihkan. Dulu (Perpustakaan Kota Banjarmasin meminjam tempat) di Gedung Pramuka Jalan Kamboja, sekarang di bekas Kantor Camat Banjarmasin Tengah,” kata Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapustarda) Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad, ditemui KabarBanjarmasin.com di sela-sela acara Bimtek Pengelola Perpustakaan Desa-Kelurahan se-Kalimantan Selatan, Senin (1/7/2013) di Hotel Mercure Banjarmasin.
      Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Banjarmasin menempati ruang bekas Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah di Jalan Jafri Zamzam. Perpustakaan di Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin yang selama ini dikenali warga sebagai “Gedung Perpustakaan Banjarmasin Pal 6” sesungguhnya adalah Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapustarda) Provinsi Kalimantan Selatan. Begitu pula Perpustakaan di Jalan Kapten Piere  Tendean Banjarmasin, merupakan bagian dari unit layanan Bapustarda Provinsi Kalimantan Selatan.
      “Semua ini tergantung komitmen pemerintah Kota Banjarmasin,” kata Muhammad tentang ketinggalan Kota Banjarmasin dengan kabupaten lainnya di Kalsel yang telah memiliki gedung perpustakaan mandiri.
      Muhammad mengungkapkan dibanding Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara, perpustakaan Kota Banjarmasin kalah selangkah dalam hal penyediaan gedung perpustakaan yang memadai. “Kabupaten HST gedung perpustakaannya lantai 3 sedang dibangun, Kabupaten Banjar berlantai 2, bangunan perpustakaan Kabupaten HSS dan HSU juga bagus,” katanya.
      Lebih disayangkan lagi, kata Muhammad, sejak perpindahan dari tempat menumpang di Gedung Pramuka ke eks Kantor Camat Banjarmasin Tengah sejak awal tahun 2013 lalu, buku-buku koleksi Perpustakaan Kota Banjarmasin masih belum dipajang.
      “Sejak Januari hingga Juli ini belum dipajang, masih dalam kardus,” pungkasnya. Ali
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Krystal03-09-2017 01:11:42 Great weblog here! Also your site so much up fast!
    What web host are you the use of? Can I get your affiliate
    hyperlink on your host? I want my website loaded up as
    quickly as yours lol

Web Statistik

Total Kunjungan : 2654042
Kunjungan Hari Ini : 582
Online User : 50
Last Update : 21-06-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]