Buku Gratis untuk 80 Desa Terpencil di Kalsel

membaca buku

IBU RUMAH TANGGA BACA BUKU - Dua ibu rumah tangga warga salah satu desa di Kabupaten Balangan sedang membaca buku perpustakaan desa sumbangan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapustarda) Provinsi Kalimantan Selatan. Sumbangan buku-buku mendapat sambutan antusias dari warga desa yang sangat membutuhkan bacaan bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Foto: Syarifah Norhani.

Sebanyak 80 desa di banua ini mendapat buku gratis dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapustarda) Provinsi Kalimantan Selatan. Sumbangan 500 judul buku masing-masing 2 eksemplar itu (total 1.000 buku) ditujukan untuk desa-desa terpencil di Kalimantan Selatan.

“Tiap perpustakaan desa mendapat 1000 eksemplar. Proyek buku untuk rakyat terpencil ini didanai oleh APBN. Untuk tahun 2012 yang mendapat sumbangan buku sebanyak 80 desa,” kata Kepala Sub Bidang Deposit Bapustarda Kalsel Syarifah Norhani.

Ia mengungkapkan penyerahan buku sudah dilakukan sejak 22-25 Oktober lalu yang ditujukan untuk empat kabupaten di Kalimantan Selatan yakni Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan.

“Untuk Kabupaten Balangan ada 7 desa yaitu Desa Galumbang, Lasung Batu, Nungka, Suryatama, Sungkal, Murung Ilung dan Desa Galumbang Selatan. Sedang untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga 7 desa yaitu Desa Pantai Hambawang Timur, Banua Kepayang, Guha, Nateh, HInas Kiri, Pauh dan Desa Tapuk,” tutur Norhani.

Selanjutnya penyerahan buku untuk desa terpencil di Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara, Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan dilaksanakan pada 29-31 Oktober. Sedangan untuk Kabupaten Barito Kula, Banjar dan Kabupaten Tanah Laut dijadwalkan pada 1-3 November mendatang.

“Pemberian buku gratis untuk rakyat terpencil ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan mencerdaskan masyarakat. Selain masing-masing desa mendapat 500 judul buku, rak buku perpustakaan desanya pun kita sediakan. Jadi sarana dan prasarananya juga kita siapkan. Tahun 2013 proyek ini akan ditingkatkan sasarannya untuk 124 desa,” pungkas Norhani. Aly

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Alysa13-04-2017 23:51:34 Wonderful blog! Do you have any tips for aspiring writers?
    I'm hoping to start my own website soon but I'm a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like Wordpress or go for a paid option? There are so many options
    out there that I'm completely confused ..

    Any suggestions? Bless you!

Web Statistik

Total Kunjungan : 3409285
Kunjungan Hari Ini : 2017
Online User : 26
Last Update : 21-10-2018

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]