Buron BLBI, Samadikun Tiba di Bandara Halim Jam 7 Malam

Jaksa Agung Prasetya

Jaksa Agung Prasetyo usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi Hukum DPR, di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, 21 April 2016. Tempo/Ghoida Rahmah

Jaksa Agung HM Prasetyo menuturkan buron penggelapan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia Samadikun Hartono, akan tiba dipulangkan ke tanah air dari Cina. Samadikun diperkirakan tiba pukul 19.00 WIB malam nanti di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Malam ini akan datang, nanti akan segera kita eksekusi," katanya, di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Prasetyo berujar, Samadikun merupakan buron yang dikejar sejak 2003. Samadikun adalah bekas Komisaris Bank Modern, penikmat kucuran dana bantuan Bank Indonesia pada saat krisis moneter 1998. Samadikun disebut merugikan negara Rp 169 miliar. Dia telah divonis empat tahun penjara. Sebelum dieksekusi jaksa, Samadikun terbang ke Jepang dengan alasan berobat.

Namun usai divonis dan mendapat keputusan hukum inkrah atau tetap. "Ternyata yang bersangkutan melarikan diri dan konon memiliki usaha di Cina dan Vietnam," katanya.

Prasetyo menuturkan keberhasilan memulangkan Samadikun adalah bukti pihaknya selama ini tak tinggal diam. "Kami tidak memberikan para buron itu bebas di luar negeri, diam-diam kami selalu berusaha keras untuk bagaimana bisa menemukan mereka," ucap dia.

Dalam pengejaran Samadikun, Kejaksaan Agung menggandeng Badan Intelijen Nasional (BIN). Menurut Prasetyo, BIN telah membantu menggunakan kewenangannya untuk menangkap dan membantu memulangkan Samadikun. "Kami akan usahakan kapasitas BIN ini untuk membantu mencari buron-buron di luar negeri," katanya.

Menurut Prasetyo, sempat beredar isu bahwa pemerintah Cina ingin melakukan barter kepulangan Samadikun dengan warga negara Cina dari suku Uighur. Namun, hal itu ditolak oleh pemerintah Indonesia, karena pendekatan yang berbeda.

"Kita mengejar buron rakyat Indonesia yang melakukan kejahatan di Indonesia dan ditemukan di luar negeri. Sedangkan uighur melakukan kejahatannya di sini, mereka bisa memahami itu,"ujarnya lagi. Tempo

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

2 Komentar





Validasi
  • Tina02-09-2017 23:46:56 Howdy! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog
    platform are you using for this site? I'm getting tired of Wordpress because I've
    had problems with hackers and I'm looking at options for another platform.
    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.
  • Gaye13-04-2017 23:34:14 What's up to every , because I am really eager of reading
    this web site's post to be d regularly.
    It consists of nice material.

Web Statistik

Total Kunjungan : 2827982
Kunjungan Hari Ini : 2369
Online User : 36
Last Update : 16-07-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]