Danau Biru Wisata Alternatif di Banjar

Danau Biru di Banjar

Pemandangan Danau Biru, Tambak Padi, Kabupaten Banjar. Yudi Yusmili

Selama ini objek wisata alam di Kalimantan Selatan tak jauh berkutat pada nama-nama seperti Pasar Terapung, Loksado, Pantai Takisung.

Beberapa objek wisata lainnya adalah Waduk Riam Kanan PLTA Ir Pangeran Muhamad Noor, Pantai Batakan dan Pantai Angsana.

Sejak beberapa bulan terakhir, telah hadir objek wisata baru berlokasi di wilayah Kabupaten Banjar. Namanya Danau Biru. Sesuai namanya, daya tarik objek wisata yang mulai dapat perhatian ini adalah warna danau yang membiru.

Danau Biru, pada Lebaran ketiga Idul Fitri, menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan. Jumlah pengunjungnya hingga siang hari Minggu (19/7/2015) tidak sampai mencapai angka ribuan.  Maklum, karena destinasi ini relatif baru muncul ke permukaan pada tahun 2015 ini.

Meski belum mendapat polesan, Danau Biru setidaknya bisa menjadi penawar dahaga minimnya objek wisata alternatif di Kalimantan Selatan.

Danau Biru terletak Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk menuju lokasi ini, bagi yang datang dari arah dalam kota Banjarmasin dapat menelusurinya mulai dari Pasar Kindai Limpuar Gambut Jalan A Yani Km 14.

jalan berpasir menuju Danau Biru

Jalan menuju Danau Biru.

Selanjutnya menyusuri jalan di samping pasar hingga menemukan persimpangan Jalan Lingkar Soebardjo. Setelah menyeberang, perjalanan diteruskan lurus sampai memasuki wilayah Beruntung Baru. Ambil jalan belok kiri pada saat ada tanda penunjuk Makam Datu Ismail yang jalannya berpasir. Setelah melewati beberapa lokasi makam, Anda akan bertemu dengan bangunan SD Beruntung Baru. Tiga belokan (semuanya ke kiri) sampailah Anda ke lokasi Danau Biru.

Jika Anda datang dari arah luar kota, saat bertemu bundaran Liang Anggang ambil jalan menuju Jalan Lingkar Soebardjo arah ke Trisakti. Pada saat bertemu perempatan simpang jalan ke Gambut ambil arah belok ke kiri.

Ada pilihan jalan lain yang lebih dekat yaitu saat di kawasan Gambut sebelum mencapai ke Jalan Lingkar Soebardjo ambil rute dengan tanda petunjuk arah SMP Negeri 2 Gambut, melalui Jalan Guntung Jawa Tengah dengan melintasi jalan bergelombang dengan pemandangan sawah di kiri kanan. Tapi, rute ini hanya cocok bagi Anda yang suka berpetualang.

Danau Biru sejatinya adalah lokasi bekas galian pertambangan pasir. Di beberapa titik lokasi sebelum dan setelah Danau Biru, juga terdapat danau-danau lain dengan warna air bervariasi mulai dari coklat hingga biru. Di sekitar lokasi ini Anda pun dapat menemukan beberapa kelompok warga yang masih melakukan aktivitas pertambangan pasir. Yus
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623231
Kunjungan Hari Ini : 840
Online User : 22
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]