Eijkman Temukan Genotipe Baru Virus Campak di Banjarmasin

Genotype baru campak ditemukan di Banjarmasin

Vaksin campak. Tempo.

Lembaga Eijkman menemukan genotipe baru virus campak, yaitu genotipe D8. Genotipe baru itu ditemukan dari 16 sampel virus yang dikirimkan dari Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.

Sebagaimana dilansir Tempo, Selasa (24/3/2015), peneliti Eijkman, Ageng Wiyatno, mengatakan Lembaga Eijkman telah menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Ulin Banjarmasin dan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat untuk menganalisis sampel virus pasien campak.

“Dari 16 sampel campak yang dikirim, 10 berhasil diisolasi sebagai virus campak dengan tiga variasi sequence. Semuanya genotipe D8,” ujar Ageng di Lembaga Eijkman, Senin, 23 Maret 2015.

Dokter Edi Hartoyo dari Rumah Sakit Ulin Banjarmasin, yang mengirim sampel itu, mengatakan analisis genotipe Eijkman terhadap sampel virus campak penting untuk mengetahui asal virus dan juga mutasi yang terjadi, meskipun berasal dari satu serotipe. “Kalau kita tahu gennya, kita bisa melakukan rekayasa genetika,” ujarnya.

Edi mengatakan kasus campak telah menjadi kasus luar biasa di Rumah Sakit Ulin. “Meskipun penyakit campak dapat sembuh sendiri, yang berbahaya adalah komplikasi yang sering terjadi, seperti pneumonia dan diare yang mematikan,” ujarnya.

Edi mengatakan vaksinasi masih terkendala beberapa hal di lapangan. Menurut dia, masih ada satu desa yang menolak dilakukan vaksinasi. “Dari desa tersebut, sebagian besar asalnya kasus campak di Rumah Sakit Ulin,” ujarnya.

Hambatan yang ditemui adalah faktor budaya. Warga tidak mau melakukan vaksinasi karena penerima vaksin biasanya akan menderita panas. “Program pemerintah saat ini adalah uji desa untuk imunisasi,” ujarnya. Tempo
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Fawn13-04-2017 23:36:39 Greetings! Very helpful advice in this particular article!
    It is the little changes that make the most significant changes.
    Thanks for sharing!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1622865
Kunjungan Hari Ini : 646
Online User : 10
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]