Exxon Mobil Ngebor 49 Sumur Baru

Sebelum tutup tahun 2015, perusahaan migas Exxon Mobil Cepu LTD optimistis bisa mencapai puncak produksi lifting minyak yang ditargetkan pemerintah sebesar 165 ribu barel per hari.

"Saat ini produksi kami rata-rata lebih dari 80 ribu barel per hari," kata Field Public dan Goverment Affair Manager Exxon Mobil, Rexy Mawardijaya, Kamis (1/10/2015).

Untuk mencapai puncak produksi itu, kata Rexy, pihaknya berencana melakukan pengeboran sumur-sumur baru sehingga nantinya Exxon Mobil memiliki 49 sumur produksi dan injeksi. Saat ini Exxon memiliki enam sumur produksi di tiga lapangan.

Lapangan A satu sumur, lapangan B tiga sumur dan lapangan C dua sumur. "Ada penambahan 3 sampai 4 sumur produksi baru, selebihnya berupa sumur injeksi untuk menjaga tekanan," ujar Rexy.

Untuk menghemat waktu pengeboran, lanjut Rexy, pihaknya telah menyewa rig BDSI milik Pertamina yang diklaim memiliki peralatan pengeboran lebih canggih. Dengan rig tersebut bisa menghemat waktu pengeboran 500 hari lebih cepat dari rig biasa dimana satu pengeboran sumur membutuhkan waktu 3 bulan.

"Kalau rig biasa, setelah selesai satu sumur rig dibongkar dan dipindah, rig pertamina tidak begitu, cukup memindah mata bor saja."

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Humas SKK Migas Perwakilan Jabanusa Fatah Yasin optimistis produksi Exxon Mobil bisa mencapai 205 ribu barel per hari karena ada early production fasility atau fasilitas produksi awal dengan Pertamina sebesar 40 ribu barel per hari . "30 ribu barel untuk exxon, 10 ribu barelnya untuk pemilik alat," katanya.

Puncak produksi 205 ribu barel itu, kata Fatah, setidaknya bisa dicapai sampai Desember 2015 sesuai berakhir kontrak dengan  Pertamina. "Kalau kontrak tidak diperpanjang, puncak produksi Exxon tetap di 165 ribu barel per hari."  Tempo

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Ursula14-04-2017 00:49:57 I need to to thank you for this very good read!!
    I absolutely loved every little bit of it. I have got you book-marked to check out new stuff you post…

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623847
Kunjungan Hari Ini : 25
Online User : 13
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]