Gerak Terangkai Ritme Dalam Ruang

Penari Barito Kuala

Penampilan Sanggar Tari dari Kabupaten Barito Kuala.

Parade Tari bertajuk  “Merajut Tari Banua 2013” adalah agenda tahunan Taman Budaya Kalsel, merupakan sarana apresiasi seni tari daerah di kabupaten/kota se-Kalsel, serta sebagai upaya untuk mendukung progam pemerintah dalam bidang pelestarian dan pengembangan seni tari secara nasional.
   Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang apresiasi dan evaluasi dalam hal penggarapan tari, untuk memacu penata tari dalam memperkaya perbendaharaan khasanah seni tari daerah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kualitas pekerja seni terutama seni tari.
   Sebanyak 13 sanggar tari se-Kalsel dan sanggar tari tamu dari Dinas Pariwisata Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (19/12/2013) malam mempersembahkan tarian pilihannya. Garapan gerak, musik dan rias busana masing-masing mencerminkan kekhasan daerah masing-masing.
   Seperti yang disampaikan Pelaku Seni Tari, Mis Erna Fauziah, tari adalah gerak terangkai yang berirama sebagai ungkapan jiwa atau ekspresi manusia yang di dalamnya terdapat unsur keindahan wiraga/tubuh, wirama/irama, wirasa/penghayatan, dan wirupa/wujud.  “Tari adalah keteraturan bentuk gerak tubuh yang ritmis di dalam suatu ruang,” katanya.

  Dari pendapat salah satu pakar seni tari tersebut, dapat di simpulkan bahwa subtansi atau bahan baku tari adalah gerak yang terangkai sehingga membuat ritme dan waktu di dalam ruang. Dapat di artikan bahwa seni tari adalah  pengungkapan gerak yang digayakan dan berkesinambungan yang di dalamnya terdapat unsur keindahan.

Tari Merak Jawa Barat

Penampilan Tari Merak dari Jawa Barat memeriahkan Parade Tari  “Merajut Tari Banua 2013”
   Sementara itu mengungkap sedikit mengenai tari jaipong atau jaipongan yang dipersembahkan Sanggar tamu dari Bandung, adalah sebuah kesenian dari Sunda berupa seni tari dengan diiringi musik Degung, yang dulunya bernama ketuk tilu dan bermula diciptakan seniman berbakat yang bernama Gugum Gumbira.
   Yang menjadi ciri utama Jaipongan adalah gaya kaleran,alami dan apa adanya, ceria, erotis, humoris, bersemangat, berspontanitas, dan kesederhanaan. Tari Raden Bojong,Tari Daun dan Pulus Keser Bojong adalah karya tari jaipong Gugum  Gumbira kali pertama. Gerakan-gerakan pada tarian ini sangat dipengaruhi oleh kliningan, pencak silat, seni ketuk tilu, dan ronggeng sehingga terbentuk gerakan tari yang sedikit erotis berupa geolan pantat dan betah untuk ditonton. Woel
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Samara03-09-2017 02:40:05 I am really loving the theme/design of your website. Do you
    ever run into any browser compatibility problems?
    A couple of my blog visitors have complained about my website not working correctly in Explorer but looks great in Opera.
    Do you have any solutions to help fix this problem?

Web Statistik

Total Kunjungan : 2827863
Kunjungan Hari Ini : 2312
Online User : 39
Last Update : 16-07-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]