Gt Noor Ifansyah dan Fatmawati Pasangan KB Lestari Kalsel 2015

KB Lestari Kalsel

Fatmawati (kiri) peserta KB Lestari 15 tahun. 

Pasangan Gt Noor Ifansyah, 51 tahun dan Fatmawati, 47 tahun  peserta KB Lestari 15 tahun yang beralamat di Komplek Mahligai, RT 33, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, terpilih sebagai Peserta KB Lestari Terbaik Provinsi Kalsel Tahun 2015.

Kemenangan tersebut selain membanggakan juga mengharukan bagi pasangan  berputra dua ini. Menurut Fatmawati, sebagai kader Sub PPKBD, Kader Pos Yandu dan Ketua BKR dirinya tidak menyangka bakal meraih kemenangan.

“Waktu lomba berlangsung, saya menjawab sesuai dengan yang dilakukan saat ini sebagai kader. Tidak pakai beban hati. Semua alat kontrasepsi pernah saya pakai dari mulai kondom, suntik, pil dan selama 10 tahun terakhir memakai IUD,” ungkapnya.

Menurut Fatmawati, sejak awal ia dan suami memang bertekad untuk mengikuti program KB dengan semboyan dua anak lebih baik. “Saya dan suami merasa sangat beruntung karena dapat mewujudkan impiannya sekaligus sebagai teladan bagi keluarga-keluarga di lingkungannya,” tutur ibu yang juga menjadi Bendahara Bank Sampah Kenanga di lingkungan rumahnya ini.

Dua anak bagi pasangan ini sangat ideal untuk mewujudkan keluarga sejahtera, karena suami isteri masih punya kesempatan untuk bekerja sebaik-baiknya untuk mencari tambahan penghasilan setelah melakukan kewajibannya mengasuh dan membina anak.

Fatmawati dan Gt Noor Ifansyah, pasangan usia subur yang memiliki segudang aktivitas sosial, berhasil meraih juara pertama Keluarga Berencana (KB) Lestari di Kota Banjarmasin, dan mewakili ajang serupa di tingkat provinsi dan berhak mengikuti ajang  hingga tingkat nasional, yang saat ini digelar di Tangerang, Banten.

Kriteria penilaian juara KB Lestari dilihat dari usia perkawinan yang telah mencapai usia 24 tahun, profil suami istri, jumlah anak, jarak melahirkan.

"Jeda kelahiran anak pertama saya ke anak kedua adalah empat tahun dan saat ini status KB saya masih aktif dengan menggunakan kontrasepsi spiral," ujarnya.

Aktivis kebersihan lingkungan

Sementara menjadi kader Pos Yandu dan kader PPKBD, ibu yang selalu terlihat energik ini mengabdikan diri sebagai aktivis kebersihan lingkungan.

“Ini bermula ketika di komplek perumahan saya tinggal sungguh gersang. Pepohonan banyak yang ditebang oleh pengembang. Kemudian saya, suami dengan Pak Fathurrahman (Ketua PWI Kalsel) berinisiatif mengajak warga untuk menghijaukan sekitar komplek perumahan,” kenang Fatmawati. 

Kini, lanjut dia, sampah rumah tangga tidak lagi menjadi sesuatu yang menjijikkan. Warga Kelurahan Sungai Jingah, Kota Banjarmasin memiliki income baru dengan menyulap sampah menjadi pupuk organik.

Menurutnya, para ibu selalu bergotong royong mengumpulkan sampah rumah tangga sisa pesta perayaan malam pergantian tahun, termasuk sampah dedaunan pohon yang berguguran. “Sampah-sampah ini jadi sumber pemasukan tambahan warga di sini,” ungkap Fatmawati.

Sejak lima tahun terakhir, warga komplek terutama kaum ibu bergelut dalam bisnis pembuatan pupuk organik berbahan baku sampah rumah tangga dan sampah lingkungan seperti dedaunan pohon. Dalam sebulan produksi pupuk organik ibu-ibu ini hampir satu ton.

Dengan harga jual pupuk organik tanpa label seharga Rp 4.000 perpak (isi 1,5 Kilogram), maka setiap bulannya warga memperoleh pemasukan hingga jutaan rupiah. Hasil penjualan pupuk organik ini, sebagian masuk ke kas kampung yang digunakan untuk berbagai kepentingan bersama dan sebagian menjadi penghasilan tambahan warga.

Usaha ibu-ibu warga Komplek Mahligai, Banjarmasin ini mendapat perhatian dari Kementerian Lingkungan Hidup. Dan pada 2006 lalu, Kementerian LH membantu dua buah mesin pencacah (pemotong).

Bantuan mesin pencacah ini sangat membantu warga untuk menghaluskan sampah dedaunan yang selama ini harus dilakukan dengan cara manual dicincang menggunakan golok. Keberhasilan usaha pembuatan pupuk organik ini, memberikan inspirasi bagi komunitas warga lain di Banjarmasin. Woel

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Elmer13-04-2017 23:50:58 Do you mind if I quote a few of your articles as long
    as I provide credit and sources back to your blog?
    My blog site is in the exact same area of interest
    as yours and my visitors would genuinely benefit from some of the information you present here.

    Please let me know if this alright with you. Regards!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1622863
Kunjungan Hari Ini : 645
Online User : 12
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]