Hanya 23,5 Persen Masyarakat Hobi Membaca

budaya minat baca masyarakat kalsel

Peningkatan dan pengembangan minat baca merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan peranan dari pustakawan di lingkungan Pemprov Kalsel dalam menumbuhkembangkan budaya minat baca di masyarakat Kalsel.
      Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kalsel, Drs HM Tahkim menjelaskan dalam acara Peningkatan dan Minat Baca bertema Melalui Profesionalisme Pustakawan Kita Tingkatkan Budaya Minat Baca Masyarakat Kalsel, Senin (17/6/2013), kebiasaan membaca merupakan suatu yang penting dan fundamental serta harus dikembangkan sejak dini.
     “Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca, Dengan membaca seseorang dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide bagi seseorang,” jelasnya.
      Menurut Tahkim, upaya pembinaan baca ini telah dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, tetapi bagaimana hasil yang diperoleh Negara RI bila dibanding dengan Negara lain seperti Jepang, Malaysia, Singapura maupun Negara tetangga lainnya masih jauh di bawah Negara tersebut.
      “Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa penduduk Indonesia yang menjadikan buku sebagai  sumber informasi baru mencapai 23,5 persen. Sedangkan yang menonton televisi sebanyak 85,9 persen dan mendengarkan radio 40,3 persen,” ungkapnya.
      Kemudian laporan dari Bank Dunia, lanjut Tahkim, Nomor 16329-IND menyebutkan bahwa tingkat membaca usia Kls VI di Indonesia hanya mampu meraih skor 51,7 di bawah Filipina (52,6), Thailand (65,1) dan Singapura (74,0). “Fakta ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat budaya membaca sangat erat kaitannya dengan kultur sebuah generasi,” pungkasnya. Woel
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 2653999
Kunjungan Hari Ini : 567
Online User : 51
Last Update : 20-06-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]