Ijuddin Pun Berjualan Batu Akik

Ijud PUn Jualan Batu Akik

Ijuddin menata dagangan batu akik. Yudi Yusmili

Kamis, 28 Mei 2015, jam 08.15. Seorang lelaki paruh baya tampak telaten menyusun batu di dalam piring-piring kecil. Seraya menata sesekali ia menyirami batu-batu itu. 

Ijuddin, namanya. Sehari-hari ia membuka jasa vulkanisir di tepi jalan raya Trans Kalimantan, Handil Bakti Km7,5, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

“Batu Akik, Batu Benawa, Batu Wawai,” ujar Ijud, panggilan akrabnya, menyebut nama barang dagangannya. Batu Benawa adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang terkenal dengan objek wisata Pagat. Ijud berasal dari Mahang, Barabai.

Sudah tiga bulan Ijud menambah item barang dagangannya dengan batu. Sebelumnya, selain jasa tambal ban dan mengisi angin roda kendaraan, ia menaruh pundut nasi (makanan khas masyarakat Banjar berbahan dasar beras dicampur santan) di meja dagangannya.  Pundut nasi itu buatan istrinya.

“Hari ini pundut lekas payunya (cepat terjual),” ujar Ijud warga Komplek Perumahan Keruing, Handil Bakti. Meja tempat menaruh pundut pun berganti dengan  batu.

Ia merupakan pedagang batu pertama yang berjualan di tepi jalan raya Trans Kalimantan Handil Bakti. Beberapa pedagang batu akik yang menggelar dagangan di kawasan Handil Bakti baru muncul sekitar sebulan terakhir.

“Sejak awal tahun saya sudah nonton TV ada berita orang jual batu rame, maka saya mengambil peluang dengan jualan batu. Kalau tidak jualan kita akan cuma jadi penonton,” ujar Ijud seraya menyebutkan harga batu akik jualannya hanya Rp10 ribu per biji. “Kalau beli dua Rp15 ribu,” pungkasnya. Yus

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Anderson13-04-2017 23:44:26 Hi friends, its fantastic post regarding educationand
    entirely explained, keep it up all the time.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623236
Kunjungan Hari Ini : 844
Online User : 23
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]