Indonesia Negara Pelaksana Pemilu Terbanyak di Dunia

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Jusuf Kalla. Tempo/Imam Sukamto

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia merupakan negara dengan pelaksanaan pemilihan umum terbanyak di dunia. Dia mengatakan selain pemilihan presiden dan legislatif, ada sebanyak 500 lebih pemilihan kepala daerah yang tersebar di seluruh nusantara.

"Ini membuat Indonesia menjadi negara paling banyak pemilunya di dunia. Karena ada 500 kabupaten atau kota dan 34 provinsi," kata Kalla, di Istana Wakil Presiden, Selasa (8/12/2015).

Artinya, kata Kalla, dalam 5 tahun Indonesia mengelar lebih dari 500 pemilu. "Sehingga lebih dari 500 pemilu selama 5 tahun. Setiap minggu ada dua pemilu. Karena memilih bupati dan gubernur sesuai masa jabatannya," ujarnya.

Kalla mengatakan banyaknya pemilu itu memang membuat boros anggaran negara. Untuk efisiensi, pemerintah melalui Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pemilu dilakukan secara serentak. Namun butuh waktu yang bertahap agar pelaksanaan pemilu itu dilakukan secara bertahap setiap 5 tahun sekali.

Besok, Komisi Pemilihan Umum akan mulai menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak. Ada sebanyak 269 daerah yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi mencari pemimpin daerahnya. Tempo

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Rene03-09-2017 03:55:08 Oh my goodness! Incredible article dude!

    Thanks, However I am going through issues with your RSS.
    I don't know why I am unable to join it.
    Is there anyone else having identical RSS problems?
    Anyone who knows the answer will you kindly respond?
    Thanks!!

Web Statistik

Total Kunjungan : 2514275
Kunjungan Hari Ini : 3093
Online User : 27
Last Update : 25-04-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]