Inflasi Bulan Juni Kalsel Turun

inflasi Kalsel 2017

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Harymurthy Gunawan (tengah) dan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani (kanan) pada temu wartawan bertema Evaluasi Inflasi Ramadhan dan pengenalan aplikasi PIHPS, Kamis (6/7/2017) di lantai III Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel. KabarBanjarmasin/Maulida Noor


Tingkat inflasi tahunan Kalimantan Selatan pada bulan Juni 2017 sebesar 4,20 persen yoy, menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 4,28% yoy.

Secara bulanan, tingkat inflasi pada periode Hari Raya Idul Fitri kali ini tercatat sebesar 0,96% (mtm), lebih rendah dari kisaran tingkat inflasi hari raya  tiga tahun terakhir (1,06% mtm).

“Rendahnya inflasi pada perayaan Idul Fitri kali ini didukung oleh deflasi komponen volatile foods sebesar 0,09% mtm, sejalan dengan tren penurunan tingkat inflasi pangan dalam tiga tahun terakhir,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesi Provinsi Kalsel, Harymurthy Gunawan, Kamis (6/7/2017).

Menurutnya, tekanan inflasi lebih didorong oleh komponen administered prices yang mengalami inflasi 3,34% mtm. Inflasi inti hari raya juga relatif stabil, menunjukkan terimplementasi dengan baiknya gabungan kebijakan pengendalian inflasi oleh TPID, baik melalui Bulog, Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Polda Provinsi Kalsel, Bank Indonesia, dan berbagai pihak lainnya.

“Tren penurunan ini tidak lepas dari kerja keras TPID melalui implementasi strategi dan bauran kebijakan dalam harga seperti Toko Tani Indonesia (TTI), Rumah Pangan Kita (RPK), pemberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET), sidak pasar, dan penguatan koordinasi pengendalian harga antar instansi,” ujar Harymurthy.

Hingga pasca Lebaran kali ini, inflasi administered prices masih menjadi perhatian, khususnya inflasi angkutan udara. Dalam tiga periode Ramadhan dan Hari Raya Iedul Fitri (2015, 2016, 2017), angkutan udara selalu muncul sebagai penyumbang inflasi pada komponen administered prices. Tie

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

2 Komentar





Validasi
  • Mathew31-07-2017 12:20:29 My family all the time say that I am wasting my time here at web, however
    I know I am getting experience all the time by reading such good content.
  • Alfie30-07-2017 18:17:31 What's up all, here every one is sharing these kinds of know-how, so it's fastidious to read this webpage, and I used to visit this
    webpage everyday.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1759838
Kunjungan Hari Ini : 1480
Online User : 27
Last Update : 22-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]