Jangan Foto Sembarangan dan Bawa Jimat Saat Berhaji

Imbauan menteri agama saat berhaji

Lukman Hakim Saifuddin. detik/ Kartika Sari Tarigan

Jamaah haji Indonesia diimbau agar tak membawa barang-barang terlarang saat terbang ke Arab Saudi. Mulai dari narkoba, senjata api, dan jimat yang bisa menghambat perjalanan Anda.

Sedikitnya ada 7 poin yang disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (13/8/2016). Imbauan ini disampaikan menyusul kasus tertahannya jamaah di Bandara Madinah karena membawa jamu sarang tawon yang disangka narkoba dan sebuah jimat rajah.

Berikut 7 imbauan Menag Lukman:

1. Tidak membawa barang-barang terlarang seperti narkoba, senjata api, senjata tajam dan sejenisnya. Apabila membawa obat dari dokter untuk kepentingan pribadi, agar disertakan salinan resep dokter. Ancaman hukumannya adalah hukuman mati.

2. Tidak membawa barang-barang yang berkaitan dengan perbuatan syirik atau sihir, seperti jimat, patung2 yang berbentuk mahluk hidup, kembang 7 rupa atau buku primbon. Dilarang pula melakukan praktik-praktik sihir dan sejenisnya selama berada di Saudi. Pelanggaran ketentuan ini dapat terancam hukuman mati.

3. Tidak menerima titipan apapun dari orang-orang yang tidak dikenal. Apabila tidak bisa menolaknya karena ada hubungan kekerabatan, pastikan isi titipan dimaksud di hadapan penitip. Laporkan titipan dimaksud ke pendamping kloter.

4. Jamaah haji agar tidak mengambil gambar (berfoto) di lingkungan fasilitas pemerintah yang terkait dengan pelayanan umum seperti bandara, rumah sakit, fasilitas militer dll. Hindari mengambil foto orang-orang Arab atau asing lainnya. Masyarakat Arab sangat sensitif dengan pengambilan foto tanpa izin.

5. Tiap jamaah akan mendapat fasilitas air zam-zam sebanyak 5 liter menjelang kepulangan. Dilarang untuk menyelipkan air zam-zam ke dalam bagasi atau tas kabin. Hal ini sangat membahayakan penerbangan jamaah terkait dengan keseimbangan pesawat.

6. Jangan membawa uang dalam bentuk tunai dalam jumlah yang banyak. Bawa uang cash secukupnya karena semua keperluan sudah ditanggung oleh pemerintah.

7. Dilarang membawa CD atau DVD yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji atau tidak sesuai dengan budaya Saudi, apalagi yang terkait dengan tindakan ke arah pornografi. detik

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Phillis13-04-2017 23:10:04 Hi there! Quick question that's totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly?
    My website looks weird when browsing from my apple iphone.
    I'm trying to find a template or plugin that might be able to correct this issue.
    If you have any suggestions, please share. Thank you!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1627522
Kunjungan Hari Ini : 845
Online User : 15
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]