Kriteria Dirut Pertamina Versi Menteri Sudirman

Menteri ESDM Sudirman Said

Sudirman Said. Foto: Tempo

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menyebutkan tiga kriteria yang harus dimiliki Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Pertama, dia harus memiliki integritas, kejujuran, dan kelurusan dalam bertindak.

Sudirman mengatakan pemimpin di sektor yang berurusan dengan kepentingan publik harus orang yang tak mengejar pekerjaan dan jabatan.

"Orang yang berburu jabatan itu pasti punya agenda. Jadi, pilih orang yang hidupnya tinggal dipakai untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Bukan dipakai untuk eksistensi, mencari kekuasaan," kata Sudirman di kantor Kementerian Energi, Jakarta, Jumat (28/11/2014) sebagaimana dilansir tempo.co.

Kedua, dia harus memiliki kompetensi. Menurut Sudirman, kompentensi merupakan kunci penting seorang pemimpin. Namun kompetensi ini tak terbatas pada soal teknis. "Kalau semakin tinggi, semakin ke arah kompetensi kepemimpinan, leadership, manajerial, bukan semata-mata teknis," kata Sudirman.

Terakhir, Sudirman mencari orang yang tak punya beban masa lalu untuk mengisi jabatan publik itu. Jika pejabat tak memiliki beban masa lalu, kebijakan yang diambil akan berorientasi pada kepentingan masyarakat. "Dalam urusan Pertamina, hal-hal ini kami terapkan," kata Sudirman.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengumumkan Direktur Utama Pertamina yang baru sore ini, Jumat, 28 November 2014. Pejabat ini akan menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri per 30 September 2014. Saat ini, Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina adalah Muhamad Husen. Bin

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Marian31-07-2017 14:28:27 I think this is one of the most important info for me. And i'm glad reading your article.
    But should remark on some general things, The web site style is great, the
    articles is really great : D. Good job, cheers

Web Statistik

Total Kunjungan : 1744849
Kunjungan Hari Ini : 205
Online User : 19
Last Update : 16-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]