Lamut Berlakon: Boedjang Malu Wala

Maestro Lamut Jamhar

Djamhar Lamut. Foto: Yudi Yusmili

Program Aktivasi Taman Budaya diharapkan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan Taman Budaya saja. Tetapi, program juga akan membantu meningkatkan kesadaran budaya masyarakat, baik sebagai pelaku maupun apresiator.

“Untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan Taman Budaya itulah maka pada Jumat, 25 April 2014 mendatang akan menggelar Lamut Berlakon pada jam 08.30 Wita di Gedung Balairung Sari,” kata sutradara acara, Rudi Karno, Senin (7/4/2014).

Pergelaran yang menampilkan Maestro Lamut dari Kalsel, Djamhar Lamut ini bertajuk  Boedjang Malu Wala. “Djamhar Lamut hadir sebagai Dalang sekaligus Narator sebelum acara dimulai. Dia akan berkolaborasi bersama Sanggar Sesaji, Sanggar Saraba Sanggam, Sanggar Ada dan Sanggar Pewaris Harum.”

Menurut Rudi, Lamut adalah sebuah tradisi berkisah yang berisi cerita tentang pesan dan nilai-nilai keagamaan, sosial dan budaya Banjar. Lamut merupakan seni cerita bertutur, seperti wayang atau Cianjuran. Bedanya, wayang atau Cianjuran dimainkan dengan seperangkat gamelan gamelan dan kecapi, sedangkan lamut dibawakan dengan terbang, alat tabuh untuk seni hadrah.

“Pada masa Kerajaan Banjar dipimpin Sultan Suriansyah, lamut hidup bersama seni tutur Banjar yang lain, seperti Dundam, Madihin, Bakesah, dan Bapantun,” jelas karyawan Taman Budaya Kalsel ini.

Durasi pergelaran acara sekitar 1,5 jam. Inti cerita dari Lamut Berlakon ini adalah Anak seorang raja bernama Siung Darmaya yang berlayar hingga terdampar di Negeri Cina. Dalam pelayaran itu dia ditemani Punakawan yaitu Lamut, Labai, Anglong dan Anggasinga.

“Singkat cerita Siung Darmaya jatuh hati pada Putri Cina bernama Putri Dandung Amas Seliau Kaca. Kemudian dia bersiasat dengan punakawannya yang bernama Labai untuk dijadikan pembantu di kerajaan Putri Dandung Amas Seliau Kaca. Untuk cerita selanjutnya, saksikan saja pergelaran ini,” tutur Rudi. Woel

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Hubert03-09-2017 01:55:52 I appreciate, lead to I discovered just what I was looking for.
    You have ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day.
    Bye

Web Statistik

Total Kunjungan : 2514280
Kunjungan Hari Ini : 3093
Online User : 22
Last Update : 25-04-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]