Luhut Bantah Intelijen Kecolongan

kerusuhan Singkil

Menkopolhukam Luhut Panjaitan dan Menkumham Yasona Laoly. Tempo/Prima Mulia

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan membantah kinerja intelijen lemah sehingga terjadi kerusuhan di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.  "Tidak ada itu," kata dia di Komisi Pemberentasan Korupsi, Kamis (15/10/2015).

Satu gereja dibakar massa di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Aceh, Selasa, 13 Oktober 2015. Buntut dari pembakaran itu, juga terjadi penembakan yang menyebabkan satu korban tewas dan ribuan orang mengungsi.

Luhut mengatakan intelijen sudah mengantisipasi serta menimalisir sebelum kerusuhan terjadi di Singkil. Namun, kata dia, ada hal-hal yang tidak dapat dihindari sehingga terjadi kerusuhan itu.

Namun ia enggan mengatakan apa yang dimaksudnya dengan "hal-hal yang tidak dapat dihindari" itu. Menurut dia, pemerintah, Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia sudah berusaha melakukan langkah-langkah untuk menenangkan keadaan. "Kami berharap selesai di Singkil saja," kata Luhut.

Kejadian semacam ini pernah terjadi pada 1979, 2011 dan 2013. Pada kejadian tahun ini, kata Luhut, ada massa yang memaksakan melakukan pembakaran. "Padahal sudah ada kesepakatan untuk melakukan pembongkaran rumah ibadah yang tidak ada izin," katanya.

Luhut menuturkan, lebih banyak warga dari Pakpak Bharat dibandingkan Aceh yang menetap di Singkil. Masyarakat Pakpak itu, ucap dia, mayoritas beragama Kristen. Karena banyak yang beragama Kristen itu, banyak permintaan pembangunan rumah ibadah. Saat ini, ada 17 gereja di Singkil. "Baru 5 atau 7 yang mempunyai izin," katanya. Tempo

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Tiffany03-09-2017 12:38:08 It's in reality a nice and helpful piece
    of info. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
    Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

Web Statistik

Total Kunjungan : 2827928
Kunjungan Hari Ini : 2343
Online User : 45
Last Update : 16-07-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]