Makam Pejuang Perang Banjar Haji Buyasin Ditemukan

Makam Pahlawan Perang Banjar Haji Buyasin

Makam Haji Buyasin. Kabar Banjarmasin/M.Aliyuddin

Pahlawan Perang Banjar Haji Buyasin adalah salah satu pelaku Perang Banjar yang gugur saat pertempuran melawan Belanda.

Semasa hidupnya Haji Buyasin (1837-1866) banyak melancarkan penyerangan terhadap Belanda di daerah Tanah Laut, seperti Pelaihari, Bati-bati, Satui, dan Taboneo.

Pada 26 Januari 1866, langkahnya sampai di Sungai Lintuni. Di tengah jalan dia ditembak oleh Pembakal Bunang. Pada mulanya Haji Buyasin masih bisa melawan Kepala Kampung yang berpihak kepada Belanda itu, tetapi karena kehabisan darah, maka perlawannya pupus, dia rubuh dan gugur pada saat itu juga. (lihat http://kabarbanjarmasin.com/posting/di-mana-kuburan-pahlawan-haji-buyasin.html).

Haji Buyasin gugur sebagai pahlawan dan sekaligus mujahid. Haji Buyasin meninggal dalam usia muda, 29 tahun.

Mayatnya dibawa Pangeran Suria Nata, Bupati Martapura ke Banjarmasin untuk diserahkan kepada pemerintah Belanda. Kemudian jasad yang telah kaku itu dikebumikan di dekat Masjid Jami lawas Banjarmasin (Masjid Jami bangunan lama yang berlokasi di Jalan Panglima Batur RT 6 yang sekarang menjadi bangunan Langgar Sinar Masjid) pada 27 Januari 1866.

Sejak itu pula keberadaan Haji Buyasin yang digelari Belanda “Berandal Licin” tinggal cerita, bahkan makamnya pun luput dari perhatian pemerintah setempat karena tidak diketahui. Nama Haji Buyasin nyaris terlupakan dan tinggal kenangan cerita tutur di kalangan orang-orang tua yang sempat membaca riwayat kepahlawanan perjuangannya.

Dengan bantuan Anang, warga Jalan Panglima Batur RT 6 Kelurahan Surgi Mufti, Kota Banjarmasin, Kabar Banjarmasin, Rabu (3/8/2016)  menelusuri keberadaan makam Haji Buyasin dan akhirnya berhasil menemukan kembali situs makam sang pejuang.

Makam Haji Buyasin berada di bawah naungan pohon nangka dan pisang. Sebatang pohon jambu yang telah mengering berdiri miring di sela-sela tanah makamya. Makamnya relatif terjaga dibanding makam-makam tua lain yang ditumbuhi rumput dan tanaman semak. Ada hamparan batu-batu bata merah berukuran agak besar. M. Aliyuddin/Saiful Bahri

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Emely14-04-2017 00:32:47 I think that is one of the such a lot important info for me.
    And i am glad studying your article. But want to statement on some general things, The website style is perfect, the articles is actually nice : D.

    Just right job, cheers

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623230
Kunjungan Hari Ini : 840
Online User : 22
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]