Meylan Bos Telur Asin

Meylan Bos Telur Asin

Meylan. Foto-foto: Wulan

Sebuah telur jika dipecahkan oleh kekuatan dari luar, maka kehidupan di dalamnya akan berakhir. Tapi, jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam, maka kehidupan baru akan terlahir. Telur adalah kehidupan.
   Begitulah kira-kira filosofi telur yang disampaikan Pelaku Bisnis UKM, Meylan yang akrab di sapa Ibu Mey ini di kediamanannya yang cukup asri di bilangan Jalan Pramuka Komplek Rahayu Pembina 5 No 16 B Banjarmasin.
   Meski sering diledek dengan sebutan Bos Telur Asin, namun usaha ini justru mengantarkan Ibu tiga anak ini sukses menjadi seorang pengusaha. “Tak tanggung-tanggung justru yang meledek  ya anak saya. Namun, di sini saya tekankan pada mereka, bahwa meski usaha telur asin tapi produksinya sudah merambah di 4 supermarket, lho,” ujarnya seraya tersenyum.
   Bahkan menurutnya, belum lama ini ikut pameran di Singapura selama 5 hari expo, “Telor Asin Ibu Mey” laris manis per butir dijual Rp10 ribu sedangkan sasirangan per lembar Rp200 ribu. “Rencananya ke depan akan tes market mencari buyer di Jepang,” tutur Mey.
    Kecintaan pada dunia bisnis, tidak terlepas dari pengalamannya sebagai marketing property di salah satu perusahaan penjualan property besar di Banjarmasin. “Sebenarnya karir saya waktu itu sedang bagus-bagusnya. Saya diberi kebebasan untuk mengembangkan ide-ide dengan fee yang lebih dari cukup. Akhirnya karena sudah tidak ada tantangan lagi, saya memutuskan pindah ke property yang lain. Namun, dalam perjalanan waktu saya malah tertarik untuk berbisnis telur asin ini” kata perempuan ramah ini.

Telur Asin Mey

Telur Asin Ibu Mey siap ekspor ke Jepang.

   Semula dirinya menjualkan telur asin produksi temannya. “Pelan-pelan saya amati perkembangan penjualannya. Koq, laku ya. Akhirnya saya mulai belajar membuat telur asin yang diberi label Telor Asin Ibu Mey,” ungkapnya.
   Kemudian Mey mulai menyusun sebuah peta perencanaan usaha lengkap dengan standar kualitas telur dan cara pemasaran. Untuk memenuhi standar kualitas telur, Mey menjalin mitra dengan peternak telur bebek di sekitar Aluh-Aluh. Tiap Minggu dipasok telur sebanyak 2.000 butir. Dalam proses pengasinan pun, perempuan keturunan Dayak Kapuas ini menggunakan bahan-bahan pilihan. Selain menggunakan garam dan pembakaran di atas arang juga membenahi pasokan telur dan proses pengasinan,
   Mey juga mencermati pasar telur asin yang tak pernah mengenal musim sepi. Sebagai pemain baru, baru 1 setengah tahun namun dirinya optimis telur asinnya banyak disukai pasar.
   “Telur asin buatan saya, banyak diminati orangtua dan anak-anak. Selain tidak terlalu asin telur ini sudah memenuhi syarat dan banyak mengandung nutrisi, penjualan pun meningkat. Dalam tempo setahun, berhasil menggenjot penjualan hingga 4.000 butir per bulan,” ujarnya.
   Beberapa tahap pengujian telah dilakukan. Tahapan tersebut meliputi memilih dan pencucian telur, pengujian dari segi bentuk dan tingkat keretakan, pokoknya semuanya mesti sempurna. Kegigihan Mey mengemas ulang usahanya itu berbuah manis.
   Hingga saat ini penjualan telur asin produksinya sudah menjangkau beberapa supermarket di Banjarmasin. Dalam kegiatan pemasaran, Mey mendapat dukungan lebih dari teman-temannya. “Saya harus tahu kemauan konsumen, yang asin banget atau enggak terlalu asin. Toko harus kenal betul dulu produknya,” ungkap dia.
   Berkat berbagai standar ini, Mey memasok telur asin ke empat supermarket sebanyak 30 - 50 kotak (1 kotak isi 3 butir), dengan harga jual per kotak Rp10 ribu. “Di supermarket biasanya dijual Rp13 ribu,” kata perempuan enerjik ini.
   Selain usaha telur asin, Mey juga meramaikan usahanya dengan berjualan kain sasirangan, kopi luwak dan kue-kue kering.  “Hidup ini harus diisi dengan kegiatan positif dan berguna bagi orang banyak. Sehingga kalau pun usaha telur asin saya sering diledek anak-anak saya, tapi paling tidak, saya sudah meninggalkan ilmu dan bekal usaha untuk anak-anak saya,” pungkasnya. Woel

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • helen08-01-2014 21:31:08 Sukses selalu ya,tdk sia2 sgl jerih payah mu. selalu ber doa n bekerja keras...

Web Statistik

Total Kunjungan : 2653970
Kunjungan Hari Ini : 555
Online User : 43
Last Update : 20-06-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]