Pasangan KB Lestari Kalsel Ikuti Lomba Tingkat Nasional

Pembekalan peserta KB Lestari Kalsel

Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Endang Moerniati (tengah) didampingi Kabid KS/PK, Ir Hj Mila Rahmawati dan Kabid Adpin, Drs H Ahmad Syajali memberikan pembekalan pada pemenang  lomba pasangan peserta KB Lestari di Banjarmasin, Senin (27/7/2015).

Esensi Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-22 tahun 2015 adalah bagaimana membangun keluarga yang berkarakter untuk menuju keluarga yang bahagia dan sejahtera. Tahun ini, peringatan Harganas bertema Harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera, dengan moto Keluarga Berkarakter, Indonesia Sejahtera.

“Inti pertama adalah karakter building, yaitu karakter dibangun di dalam keluarga. Pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap 29 Juni,  diingatkan kembali agar delapan fungsi keluarga kembali digalakkan, demi terwujudnya Indonesia yang berkarakter,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Endang Moerniati MSc, Senin (27/7/2015) dalam acara pembekalan kepada para pemenang lomba Hari Keluarga Nasional se-Kalsel yang akan berangkat hari ini.

Menurutnya, delapan fungsi keluarga tersebut adalah fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, dan fungsi pelestarian lingkungan. “Delapan fungsi keluarga ini harus digalakkan kembali, jangan hanya sekadar menjadi catatan di atas kertas. Keberhasilan Program Kependudukan dan KB Nasional selama ini tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat termasuk keluarga-keluarga yang telah menjadi peserta KB secara aktif dan terus menerus atau yang disebut Peserta KB Lestari,” ujar Endang.

Pemberian penghargaan kepada Peserta KB Lestari ini diselenggarakan setiap tahun dengan maksud untuk memberikan penghargaan kepada keluarga-keluarga yang telah berjuang dan memberikan pengabdian terbaik dalam mensukseskan program Kependudukan dan KB Nasional.

Selain mengikuti lomba peserta KB lestari yang menggunakan alat kontrasepsi IUD atau spiral, juga menghadiri pertemuan nasional. Akan tetapi, bukan gelar juara yang dikejar, melainkan akan lebih baik jika Kalsel terekspos, bahwa ada peserta KB Lestari 20 tahun dari Kalsel.

Dengan adanya penghargaan yang akan diberikan pemerintah pada peserta KB Lestari 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun, membuktikan pemerintah tidak sekadar menjadikan masyarakat sebagai pelaksana program KB terutama pasangan usia subur.

Dirinya berpesan, agar keberangkatan peserta KB Lestari, bukan hanya menjadi kemauan pemerintah, tapi karena pemerintah mempunyai kepedulian terhadap pengguna metode kontrasepsi jangka panjang. Indikator diukur dari kesertaan menggunakan satu alat atau metode selama bertahun-tahun.

Di tempat yang sama, Kasubbid Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan Hubalila) Perwakilan BKKBN Kalsel, Mistri Anggriani SAB menjelaskan, Peserta KB Lestari yang akan menerima penghargan dan mengikuti lomba tingkat nasional dari Kalsel dengan kategori 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun, pada 28-1 Agustus 2015 di Tangerang Provinsi Banten adalah Eddy Siswanto dan Neneng S (pasangan juara 1 KB Lestari 10 tahun) Kabupaten Tabalong, Gt Noor Ifansyah dan Fatmawati (pasangan Juara 1 KB Lestari 15 tahun) Banjarmasin, serta Goernito Injalimus dan Wiwit Suhartini (pasangan Juara 1 KB lestari 20 tahun) Kabupaten Tapin.

Sedangkan Siti Tarawiyah SSos PKB kabupaten Banjar Juara 1PKB/PLKB, Novia Kurniawati PPKBD Kabupaten Tapin Juara 1 PPKBD dan Rurul Yuliatin sebagai pendamping. Woel

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Georgianna30-07-2017 20:31:47 It's not my first time to pay a visit this web site, i am browsing this site dailly and take nice information from here all the time.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1744845
Kunjungan Hari Ini : 203
Online User : 14
Last Update : 16-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]