PDIP Jadi Pengusung Utama Ahok-Djarot

PDIP usung Ahok-Jarot

Pasangan Ahok-Djarot. Hasan Al Habshy/detik

PDIP menyebut dirinya sebagai partai pengusung utama pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub DKI Jakarta. Meski begitu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan tim pemenangan akan terintegrasi dengan tiga partai pendukung Ahok sebelumnya.

"Namanya pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol. Ini kan diusung bersama-sama. Bahwa PDIP kursinya lebih banyak, itulah oleh UU disebut sebagai pengusung," ungkap Hasto di Gedung DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016) dini hari.

Pernyataan Hasto merujuk pada kursi yang dimiliki PDIP di DPRD DKI. Sebagai partai pemenang pemilu di DKI, partai banteng moncong putih itu memiliki kursi paling banyak di legislatif yaitu sebanyak 28 kursi. Itu melebihi syarat partai untuk bisa mengusung sendiri pasangan di Pilgub DKI dengan jumlah minimal 22 kursi.

"Itu kan undang-undang. Pengusung itu kan artinya dia memenuhi syarat untuk bisa maju sendiri," kata Hasto.

Namun Hasto menyatakan, hal tersebut bukan bearti PDIP tidak mengakui tiga partai pendukung Ahok sebelumnya. PDIP menegaskan mengusung Ahok-Djarot bersama-sama dengan Golkar, Hanura, dan NasDem.

"Kemudian gambaran ideal pemerintahan itu selain dari dukungan rakyat juga dukungan di parlemen. Maka kita butuh bersama dengan partai lain," tuturnya.

Soal tim pemenangan atau tim sukses Ahok-Djarot, PDIP belum mau berbicara banyak. Ahok sebelumnya sudah memiliki tim sukses yang diketuai oleh politisi Golkar, Nusron Wahid. Apakah PDIP akan bergabung atau tim sukses akan dirombak ulang?

"Iya nanti membentuk tim bersama. Yang membentuk kan pasangan calon, tim kampanye itu. Yang penting daftar dulu besok. Kan ada tahapan-tahapannya. Abis itu baru bentuk tim pemenangan," jawab Hasto.

PDIP bukannya tidak mengakui tim sukses Ahok yang dikomandoi oleh Nusron itu. Namun dengan masuknya PDIP, otomatis menurut Hasto ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan.

"Bukan tidak diakui, (timses Ahok) itu kan untuk membangun dialog, wajar. Kita pun juga sudah membentuk tim kampanye sendiri. Buktinya besok sudah mengumpulkan pengurus ranting di 5 tempat yang berbeda, besok kami adakan. Ini sudah bekerja," sebut dia.

"Jadi semua nanti terintegrasi. Siapa tahu ada partai lain yang mendukung. Nanti ada juga dari relawan. Di situlah tim kampanye, nanti juga ada tokoh-tokoh masyarakat yang bergabung," imbuh Hasto.

Tim pemenangan atau tim kampanye Ahok-Djarot dipastikan merupakan gabungan dari semua pihak yang mendukung pasangan itu. Termasuk menurut Hasto adalah orang-orang pilihan Ahok-Djarot.

"Tim kampanye kan gabungan. Dari pasangan sendiri, mereka punya preferensi, gabungan partai-partai pengusung, kemudian dari tokoh-tokoh masyarakat, dari relawan. Kita kan mau menang. Teritegrasi, merupakan perpaduan. Definisi tim kampanye itu kan ditandatangani pasangan calon," bebernya.

"Di luar itu partai juga partai membentuk tim pemenangan sendiri-sendiri. PDIP sendiri, Golkar sendiri, dll. Di situ masing-masing mengirimkan orang untuk bergabung dalam tim kampanye. Biasa, pemilu kan bukan cuma sekali ini," tambah Hasto melengkapi.

Ketua DPP NasDem, Johnny G Plate juga memastikan akan ada pembicaraan antara tiga partai pendukung Ahok dengan PDIP terkait pembentukan tim pemenangan. Hal tersebut disampaikannya saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (20/9/2016).

"Akan dibicarakan secara internal untuk membentuk tim pemenangan yang solid dalam koordinasi dan manajemen kampanye yang efektif," jelas Johnny.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR itu juga memastikan tim pemenangan harus bersinergi. Setiap partai disebut Johnny memang memiliki mesin sendiri untuk pemenangan Ahok-Djarot, namun tim gabungan harus bersatu untuk tujuan bersama tersebut.

"Tentu bersama PDIP dan akan bersama-sama dengan PDIP dalam satu tim yang solid bersama NasDem, Golkar, dan Hanura," pungkasnya. detik

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

4 Komentar





Validasi
  • Margarito30-07-2017 20:37:58 I like it when people come together and share ideas.

    Great blog, continue the good work!
  • Fiona21-06-2017 22:46:47 My brother suggested I may like this website. He was totally right.
    This post truly made my day. You can not believe just how much
    time I had spent for this information! Thanks!
  • Arleen29-04-2017 10:47:18 Hello, Neat post. There's an issue with your website in internet explorer, would test this?
    IE nonetheless is the marketplace leader and a big element of other
    folks will omit your magnificent writing because of this problem.
  • Evie13-04-2017 23:55:18 Hey there would you mind letting me know which hosting company you're utilizing?

    I've loaded your blog in 3 completely different
    internet browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.
    Can you recommend a good internet hosting provider at a fair price?

    Kudos, I appreciate it!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1753497
Kunjungan Hari Ini : 949
Online User : 10
Last Update : 20-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]