Pedagang Mangga Dua Omsetnya Gede Tapi Tak Ada NPWP

Di sela-sela sosialisasi Undang-Undang Pengampunan Pajak (Tax Amnesty), Presiden Joko Widodo sempat curhat soal nomor pokok wajib pajak (NPWP). Kepada pengusaha, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa masih banyak pedagang besar yang belum memiliki NPWP.

Jokowi menyindir pedagang Mangga Dua diantaranya. "Yang di pasar itu omzetnya gede-gede lho, seperti yang di Mangga Dua, Tanah Abang. Tapi, gak punya NPWP, " ujar Jokowi dihadapan  10 ribu pengusaha saat sosialisasi UU Tax Amnesty di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2016.

Pernyataan Jokowi itu memicu beragam  reaksi dari para pengunjung sosialisasi tax amnesty. Ada yang tertawa terbahak-bahak, ada yang tersenyum, ada pula yang diam saja. Presiden Joko Widodo sendiri tampak tertawa usai melihat reaksi para pengusaha.

Ia melanjutkan bahwa dirinya selalu memantau hal-hal seperti kepemilikan NPWP tersebut. Apalagi, kata Jokowi, dirinya orang lapangan sehingga hal-hal seperti itu tidak akan luput dari perhatiannya. "Saya ini dulu Gubernur DKI Jakarta lho, jadi tahu," ujarnya lagi sambil tersenyum.

Presiden berharap para pengusaha pasar yang belum memiliki NPWP itu untuk segera mengurus ke kantor Ditjen Pajak. Setelah itu, mengikuti program pengampunan pajak dengan mendeklarasikan harta yang sesungguhnya dan kemudian menebusnya.

"Dan, ingat, tax amnesty ini adalah yang terakhir. Setelah 2018 ada keterbukaan (informasi dengan tujuan perpajakan), tax amnesty ini sudah berakhir. Maka harus dimanfaatkan betul," ujar Jokowi.

Sebagaimana diketahui, antusiasme pengusaha terhadap kebijakan pengampunan pajak belum diikuti dengan besarnya angka deklarasi dan repatriasi. Dikutip dari situs Dirjen Pajak, komposisi uang yang sudah ditebus baru mencapai Rp 91 miliar dari total harta Rp 4,12 triliun. Angka itu masih jauh dari target Rp 165 triliun pada tahun depan.Tempo

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Elijah13-04-2017 23:50:01 It's in point of fact a nice and useful piece of information. I am glad that you simply shared this useful info
    with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1622868
Kunjungan Hari Ini : 646
Online User : 11
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]