Pemberdayaan UMKM Pilar Ekonomi Nasional

Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto

Suryo Bambang Sulisto. Foto: www.kadin-indonesia.or.id

Penguatan UMKM dinilai memiliki peranan penting dalam penguatan struktur ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan makin besarnya perhatian negara-negara maju terhadap UMKM di negaranya.
 
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto dalam perhelatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2013 yang diselenggarakan di Palembang (2/11).  Acara tersebut mengusung tema, Mempercepat Pembangunan Industri Nilai Tambah Dalam Rangka Optimalisasi Ekspor dan Pemberdayaan UMKM Sebagai Pilar Penting Ekonomi Nasional.

Setelah krisis keuangan tahun 2008, Uni Eropa melakukan transformasi regulasi di semua negara anggotanya untuk memberi ruang yang lebih luas terhadap UMKM. Bahkan salah satu dari lima rekomendasi  yang dihasilkan APEC CEO Summit di Bali yang baru saja usai adalah tentang UMKM.

Selain itu, dalam rangka peningkatan logistik, Kadin mengusulkan agar Indonesia memberi prioritas pada peningkatan sarana transportasi di darat maupun di laut. “Pada prinsipnya Indonesia sudah waktunya untuk meningkatakan kapasitas dan efisiensi transportasi darat dengan melakukan modernisasi kereta api, baik di Jawa maupun di pulau-pulau besar yang lain,” ungkap Suryo.

Dalam Rapimnas Kadin 2013 itu, Suryo juga memaparkan beberapa langkah prioritas yang diharapkan bisa menjadi terobosan bagi pertumbuhan dan iklim ekonomi nasional, antara lain, usulan pengenaan pajak infrastruktur. Hal tersebut merupakan hasil pemikiran anggota Kadin untuk menyikapi persoalan infrastuktur dan kemacetan lalu lintas yang tidak hanya terjadi di Jakarta tapi juga merambah kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bin

Sumber: kadin-indonesia.or.id
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 3409430
Kunjungan Hari Ini : 2102
Online User : 35
Last Update : 21-10-2018

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]