Penyelundupan BBM Akibat Subsidi

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil

Menko Perekonomian Sofyan Djali memimpin rapat. Foto: tempo.co

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan terbongkarnya penyelundupan 980 ribu liter bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dalam rute menuju Malaysia menunjukkan masih adanya disparitas harga BBM di dalam negeri dengan negara lain.

"Dengan selisih begitu saja, masih ada orang mengambil risiko. Apalagi kalau selama ini selisihnya banyak," ujarnya saat ditemui di kantornya, Senin (1/12/2014) sebagaimana dilansir tempo.co.

Praktek penyelundupan BBM yang masih berlangsung serta masih rendahnya harga BBM di dalam negeri menjadi alasan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi beberapa waktu lalu. "Itulah yang akan kita perangi selanjutnya," katanya.

Selama ini, disparitas harga yang terlalu besar menjadi kue bagi penyelundup untuk melarikan BBM ke luar negeri. Namun semakin kecilnya insentif yang diperoleh penyelundup akibat kenaikan harga BBM, Sofyan memprediksi, dapat menghilangkan praktek haram tersebut.

"Sekarang tidak ada orang menyelundupkan Premium, pasti diesel (solar), karena masih ada disparitas harga sekitar Rp 1.500 per liter," ucapnya. Bin

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 2514275
Kunjungan Hari Ini : 3093
Online User : 27
Last Update : 25-04-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]