Pertama di Dunia, Sungai Miliki Status Hukum

status hukum sungaii

Sungai Whanganui di Selandia Baru.

Sebuah sungai di Selandia Baru menjadi yang pertama di dunia karena telah diberikan c oleh negaranya. Sungai Whanganui ini mendaoatkan hak-hak dan nilai-nilai selayaknya dimiliki manusia.

Dikutip Independent, Kamis (16/3/2017), Sungai Whanganui berada di utaranya Selandia Baru. Sungai ini dianggap khusus dan memiliki nilai spiritual penting bagi suku Maori. Status baru ini dianggap unik bagi masyarakat dunia mengingat belum pernah terjadi sebelumnya.

Suku Maori menganggap sungai sebagai bagian dari hidup mereka. Dengan kata lain, sama pentingnya dengan gunung dan laut yang menjadi aspek penting dalam kehidupannya.

Menteri Urusan Perundingan Waitangi Selandia Baru, Christopher Finlayson mengatakan,  Whanganui Iwi telah berjuang menguatkan hubungan masyarakatnya dengan sungai sejak 1870-an. 

"Te Awa Tupua akan memiliki identitas hukum sendiri dengan semua hak yang sesuai dengan tugas dan kewajiban dari badan hukum itu,” ujar dia.

Christopher tidak menampik, akan banyak orang yang  mengganggap pemberian status hukum pada alam ini aneh. Namun pada dasarnya, hal ini tidak asing lagi bagi kepercayaan seseorang atau keluarga, perusahaan maupun suatu komunitas masyarakat.

Status hukum  terbaru yang dimiliki sungai terpanjang ketiga di negara ini bisa jadi  kesimpulan atas sengketa hukum yang sudah lama berjalan. republika

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

2 Komentar





Validasi
  • Francesco30-07-2017 19:16:44 I all the time used to study article in news papers but now as I am a user of net thus from now I am using net for content,
    thanks to web.
  • Shirley13-04-2017 14:19:57 Greetings! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I really enjoy reading
    through your articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same topics?
    Thanks a ton!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1751194
Kunjungan Hari Ini : 943
Online User : 13
Last Update : 19-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]