PIHPS Rumah Harga Pangan

Dalam kaitan upaya pengendalian inflasi pangan, keberhasilan kebijakan pengendalian inflasi tidak hanya memerlukan inovasi dan terobosan kebijakan, namun yang tidak kalah penting yakni dukungan ketersediaan data/informasi pangan yang kredibel, akurat, dan terkini, serta komprehensif mulai dari tingkat produksi, pasokan, stok, sampai dengan harga di level konsumen.

“Menindaklanjuti arahan Presiden pada acara Sinergi Aksi Ekonomi untuk Rakyat (Brebes, 11 April 2016) yaitu agar dikembangkan sistem informasi pangan dan sistem koordinasi pengendalian harga pangan dalam skala nasional, maka Pokjanas TPID telah memfasilitasi pengembangan sistem informasi pangan yang sekaligus berfungsi sebagai sistem koordinasi kebijakan pengendalian harga pangan yang disebut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional,” jelas Kepala Perdagangan dan Perindustrian Kalsel, Birhasani, Kamis (6/7/2017) dalam temu wartawan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel.

Menurutnya, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) dimaksudkan sebagai “rumah bagi data harga pangan daerah”, dengan maksud sebagai alat monitoring harga, koordinasi kebijakan serta sebagai sarana untuk memperluas akses informasi harga bagi masyarakat luas.

PIHPS Nasional diluncurkan secara resmi oleh Gubernur BI bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Menteri Perdagangan di Jakarta, pada 12 Juni 2017.

Informasi dalam PIHPS Nasional, fokus pada 10 komoditi pangan bergejolak (volatile food) dengan 21 varian yang paling sering menjadi sumber tekanan inflasi. Sepuluh komoditi tersebut memiliki bobot lebih dari 50% dari bobot volatile food.

“Artinya, jika kita berhasil mengendalikan inflasi 10 komoditi ini pada kisaran 4%-5%, maka inflasi volatile food kita akan cukup rendah, dan mendukung upaya pencapaiansasaran inflasi,” tutur Birhasani.

Saat ini, data PIHPS dikumpulkan dari survei langsung di 164 pasar tradisional, dari 82 kota sampel inflasi IHK yang mencakup 34 provinsi. Pengambilan data dilakukan setiap hari kerja pada pukul 09.00-11.00 dengan menggunakan data capturing mobile application. Hasil survey kemudian divalidasi di Bank Indonesia pada pukul 10.00 – 12.00, dan selanjutnya seluruh data akan dipublikasikan pada pukul. 13.00. Untuk mendapatkan/mengakses data PIHPS, publik dapat membuka laman hargapangan.id atau dengan mengunduh aplikasi mobile versi android atau Ios.

Informasi PIHPS juga dapat dimanfaatkan untuk perumusan strategi kebijakan pembangunan kedaulatan pangan nasional, menjadi referensi bagi strategi pengembangan infrastruktur konektivitas antar daerah yang juga menjadi agenda prioritas Pemerintah sejak 2015 dan  di Bank Indonesia, data PIHPS telah dimanfaatkan secara kongkrit untuk membantu meningkatkan akurasi proyeksi inflasi di Bank Indonesia. Tie

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

2 Komentar





Validasi
  • Enriqueta31-07-2017 14:15:58 This paragraph is truly a good one it assists
    new the web people, who are wishing for blogging.
  • Lona30-07-2017 18:46:07 Why people still make use of to read news papers when in this
    technological globe the whole thing is available on web?

Web Statistik

Total Kunjungan : 1759857
Kunjungan Hari Ini : 1483
Online User : 42
Last Update : 22-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]