Presiden Terpilih Filipina Rodrigo Duterte Ingin Temui Paus

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Rodrigo Duterte. Reuter/Erik De Castro

Presiden terpilih Filipina Rodrigo Duterte berencana berkunjung ke Vatikan untuk menemui Paus Fransiskus. Sosok kontroversial itu akan meminta maaf secara pribadi kepada Paus karena telah menyebutnya "anak pelacur".

"Wali Kota berulang kali mengatakan dirinya ingin berkunjung ke Vatikan, menang atau kalah (dalam pemilihan presiden), bukan hanya untuk memberi penghormatan kepada Paus, namun dia benar-benar perlu menjelaskan kepada Paus dan meminta maaf," tutur juru bicara politik Duterte, Peter Lavina kepada para wartawan di kota Davao, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/5/2016).

Duterte yang sejak lama menjadi Wali Kota Davao, muncul sebagai pemenang pilpres pada Senin (9/5/2016) lalu setelah selama kampanye banyak mengeluarkan kata-kata kasar. Termasuk ketika Paus Fransiskus berkunjung ke Filipina pada Januari 2015 lalu, kota Manila dipadati massa dan memicu kemacetan di sejumlah ruas jalan. Ketika terjebak kemacetan di Manila selama berjam-jam, Duterte melontarkan kekesalannya pada Paus dengan kata umpatan.

"Dibutuhkan waktu 5 jam bagi kami untuk bergerak dari hotel menuju bandara. Saya tanya, siapa yang datang. Mereka bilang, ada Paus (Fransiskus). Saya ingin meneleponnya. 'Paus, anak pelacur, pulanglah. Jangan datang ke sini lagi'," ucap Duterte yang berumur 71 tahun, saat berpidato dalam kampanye November 2015.

Atas pernyataan bernada umpatan terhadap Paus Fransiskus itu, Duterte kemudian mengirimkan surat permintaan maaf secara langsung kepada Paus di Vatikan. Dalam tanggapan yang dibocorkan kepada media, Paus menerima permintaan maaf Duterte dan mendoakannya.

Dikatakan Lavina, saat ini belum ada jadwal yang ditetapkan terkait kunjungan ke Vatikan, namun hal itu menjadi salah satu prioritas. Duterte rencananya akan dilantik pada 30 Juni mendatang untuk menjabat selama periode enam tahun. detik

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

2 Komentar





Validasi
  • Cliff05-02-2018 05:39:15 Thanks for finally talking about >Presiden Terpilih Filipina Rodrigo Duterte Ingin Temui Paus
  • Nickolas03-09-2017 05:59:07 Appreciate the recommendation. Will try it out.

Web Statistik

Total Kunjungan : 2152740
Kunjungan Hari Ini : 1109
Online User : 37
Last Update : 24-02-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]