Rumah Pasar Telaga Langsat dan Ampulung

Kantor Perwakilan BI (KPw BI) Wilayah Kalimantan melakukan kunjungan ke Rumah Pasar di Telaga Langsat, Kabupaten  Hulu Sungai Selatan (HSS), pertengahan April lalu.

Rumah Pasar ini merupakan salah satu bentuk dan bagian dari pemberdayaan klaster Cabe Besar Merah yang dilakukan oleh KPw BI Wilayah Kalimantan bersama Pemkab HSS. Pemberdayaan klaster Cabe Besar Merah dimulai sejak pertengahan tahun 2012.

Kunjungan ini bertujuan memonitoring pemanfaatan Rumah Pasar dalam mendorong pengelolaan/penjualan hasil panen petani cabe merah dan komoditas sayur lainnya.

Kepala Divisi Akses Keuangan, UMKM dan Komunikasi KPw BI Kalimantan, Triatmo Doriyanto mengungkapkan, setelah kunjungan ke Rumah Pasar Telaga Langsat,  digelar kegiatan forum komunikasi klaster Anyaman Purun dan Ilung (Ampulung) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Rabu (16/4/2014). 

Pemberdayaan Ampulung HSU ini juga merupakan bagian dari kegiatan pengembangan UMKM KPw BI Wilayah Kalimantan melalui program klaster.

Program tersebut telah dikukuhkan dalam Nota Kepahaman bersama antara Bupati HSU dengan Kepala KPw BI Wilayah Kalimantan pada tahun 2013. “Forum komunikasi ini merupakan kegiatan pensinergian program kerja pengembangan Ampulung tahun 2014,” ujarnya.

Menurut Triatmo, Bank Indonesia bersama dengan pemerintah daerah HSU mengupayakan pengembangan UMKM Ampulung dari sisi hulu hingga hilir. Komoditas Anyaman Purun dan Ilung (Ampulung) merupakan produk khas daerah yang perlu untuk terus didorong peningkatan produksi, kualitas, dan pemasarannya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Dra Hj Anisah Rasidah Wahid MA, ibu bupati sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah HSU.

Melalui seluruh rangkaian kegiatan di HSS dan HSU ini KPw BI Wilayah Kalimantan bersama dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya memiliki tujuan utama peningkatan ekonomi di daerah.

“Upaya mencapai tujuan tersebut dilakukan melalui berbagai aspek yaitu pengendalian inflasi dan pemberdayaan UMKM yang diharapkan kelak memiliki kemampuan bersaing di tingkat regional, nasional, dan bahkan global,” ujar Triatmo. Woel
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Jesus13-04-2017 23:36:10 I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following.

    unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly very often inside
    case you shield this hike.

Web Statistik

Total Kunjungan : 1630596
Kunjungan Hari Ini : 41
Online User : 19
Last Update : 28-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]