Saudi Eksekusi Mati Ulama Syiah

Sheikh Nimr al-Nimr

Sheikh Nimr al-Nimr. Reuters

Seorang ulama terkemuka Syiah dieksekusi mati oleh otoritas Arab Saudi atas dakwaan terorisme. Eksekusi tersebut menuai kecaman dari ulama terpandang Iran.

Bahkan Ayatollah Ahmad Khatami, ulama yang dekat dengan pemerintah Iran tersebut, memperkirakan reaksi atas eksekusi itu akan mendatangkan kejatuhan bagi keluarga penguasa Saudi.

Otoritas Saudi hari ini telah mengeksekusi 47 orang atas dakwaan terorisme, termasuk ulama terkemuka Syiah, Nimr al-Nimr, yang dituduh sebagai penggerak aksi-aksi demo antipemerintah.

Dalam wawancara dengan kantor berita Mehr, seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (2/1/2016), Khatami mencetuskan, eksekusi Nimr mencerminkan sifat "jahat" keluarga penguasa Saudi.

Khatami mengatakan, eksekusi tersebut akan memicu aksi pembalasan yang akan membuat para penguasa Saudi "terhapus dari halaman sejarah. Khatami merupakan salah satu ulama paling senior di Iran, yang juga merupakan anggota Majelis Pakar.

"Kejahatan mengeksekusi Sheikh Nimr merupakan bagian dari pola kejahatan oleh keluarga berbahaya ini ... dunia Islam diharapkan akan memprotes dan mengecam rezim terkenal ini sekeras-kerasnya," kata Khatami.

Dalam statemennya seperti diberitakan kantor berita resmi Saudi, SPA dan dilansir AFP, Sabtu (2/1/2016), Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan, 47 orang yang dieksekusi mati hari ini terbukti mengadopsi ideologi radikal "takfiri", bergabung dengan organisasi-organisasi teroris dan melakukan berbagai plot kejahatan.

Di antara ke-47 orang yang dihukum mati itu, juga termasuk beberapa warga Saudi yang dinyatakan bersalah atas keterlibatan dalam serangan-serangan Al-Qaeda, yang menewaskan warga Saudi dan warga asing pada tahun 2003 dan 2004.

Di antaranya juga termasuk Fares al-Shuwail, yang oleh media Saudi digambarkan sebagai pemimpin tinggi agama Al-Qaeda di Saudi. Dia ditangkap pada Agustus 2004 silam.

Mereka yang dieksekusi termasuk seorang warga Mesir dan seorang warga Chad. Sisanya merupakan warga Saudi. Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan, mereka semua dieksekusi hari Sabtu ini di 12 kota berbeda di Saudi. detik

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Morris03-09-2017 02:18:42 I absolutely love your blog.. Great colors & theme. Did you create this amazing site
    yourself? Please reply back as I'm looking to create my own website and would
    like to learn where you got this from or what the theme is
    named. Kudos!

Web Statistik

Total Kunjungan : 2514287
Kunjungan Hari Ini : 3095
Online User : 24
Last Update : 25-04-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]