Selama 30 Tahun Irigasi Tak Pernah Diperbaiki

Presiden Jokowi kembali menegaskan komitmennya, mencapai swasembada pangan dalam 3 tahun ke depan, atau lebih cepat dari target. Hal ini akan tercapai dengan berbagai program pertanian yang sudah dikerjakan kabinetnya, termasuk pembangunan dan perbaikan irigasi yang selama ini tak diurus.

"Jadi 30 tahun irigasi nggak pernah diperbaiki, 20-30 tahun irigasi kita tidak pernah diapa-apakan," kata Jokowi dalam acara Indonesia Outlook 2015 dengan tema 'Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri & Berkepribadian' di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan No. 59, Jakarta, Kamis (15/01/2015).

Jokowi mengatakan, tahun ini akan ada perbaikan irigasi untuk 1 juta hektar lahan sawah yang anggarannya tahun ini Rp15 triliun. Ia optimistis dengan perbaikan irigasi, produksi beras akan meningkat signifikan.

"Perkiraan kita bisa 10-20 juta ton kita akan kelebihan. Dipakai apa? Distok lama juga nggak benar, harus disiapkan, kalau nggak kita kaget nanti," katanya.

Selain pembagunan dan perbaikan irigasi, pemerintah juga akan membangun 49 waduk dalam 5 tahun ke depan. Rencana ini sempat direvisi dari rencana awal, yang hanya akan membangun 30 waduk baru.

"Tahun ini 13 waduk. Kita kemarin hitung-hitungan kita bangun 30 waduk pun swasembada, tapi setelah kumpulkan gubernur, bupati, wali kota, tunjuk tangan semua. Tambah 19 waduk, sudahlah," kata Jokowi. detik.com
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1622860
Kunjungan Hari Ini : 644
Online User : 12
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]