Surplus Perdagangan April Melemah

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Tempo

Neraca perdagangan Indonesia masih mencatat surplus sebesar US$ 454,4 juta pada April 2015. Kendati demikian, surplus perdagangan tersebut menurun drastis, dari US$ 1,02 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan surplus perdagangan ini berasal dari surplus neraca nonmigas sebesar US$ 1,3 miliar dan defisit neraca migas US$ 877,9 juta. "Pasar dunia sedang lesu, tapi kami upayakan untuk menjaga agar neraca perdagangan tetap surplus," kata Rachmat dalam konferensi pers di kantornya, Senin (18/5/2015).

Menurut Rachmat Gobel, sejumlah mitra dagang turut menyumbang surplus dan defisit perdagangan nonmigas pada April. Ia menyebut India, Amerika Serikat, Filipina, Belanda, dan Pakistan turut menyumbang surplus nonmigas sebesar US$ 2,3 miliar. Sementara Cina, Jepang, Australia, Thailand, dan Korea Selatan menyebabkan defisit nonmigas mencapai US$ 2,2 miliar.

Rachmat menambahkan, penurunan surplus perdagangan ini dipengaruhi oleh adanya perlambatan ekonomi sejumlah negara. Ia mencontohkan Malaysia yang tengah melakukan pemotongan pengeluaran anggaran negara karena perkiraan pemasukan dari sektor migas yang rendah. Negeri jiran ini juga sedang mempertahankan overnight policy rate pada level 3,25 persen.

Selain negera tersebut, pelambatan ekonomi juga terjadi di Thailand karena sedang meningkatkan kesempatan bisnis dan investasi, terutamma pada Zona Ekonomi Khusus.

Rachmat menuturkan, meski surplus April mengalami pelemahan, secara total neraca perdagangan masih lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-April 2015 neraca perdagangan surplus US$ 2,7 miliar, sementara periode yang sama tahun lalu mengalami defisit US$ 894,1 juta. Tempo


 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623851
Kunjungan Hari Ini : 31
Online User : 11
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]