Syamsiah Juriat ke-7 Nenek Randa

Syamsiah Juriat Nenek Randa

Syamsiah. Foto: Wulan.

Pengambangan adalah sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Arti "Pengambangan" berasal dari kata "kambang atau kembang". Pe-ngambang-an maksudnya orang yang pekerjaannya membuat rangkaian bunga yang dironce khusus untuk berbagai upacara seperti untuk perkawinan, batamat Quran maupun kematian. Pekerjaan ini hingga sekarang banyak ditekuni oleh warga kelurahan Pengambangan.

Salah satu dari sekian banyak pembuat rangkaian kembang itu adalah Syamsiah, 39 tahun, warga Pengambangan RT 6. Kedua tangannya tampak cekatan meronce bunga-bunga yang terhampar di lantai ketika mengikuti lomba merangkai payung kembang di Pendopo Taman Budaya Kalsel, Kamis (14/8/2014).

Dalam waktu setengah jam saja, pembuat rangkaian kembang yang merupakan juriat ke-7 Nenek Randa (nenek moyang pembuat rangkaian kembang) dari Pengambangan ini hampir menyelesaiakan rangkaian payung kembangnya.

Bunga-bunga yang digunakan ada mawar, pudak, culan, kembang sepatu, melati, kenanga, kacapiring, dan sedikit daun pandan untuk pemanis tampilan payung kembangnya.

Seperti diketahui Nenek Randa adalah keturunan keluarga bangsawan Banjar yang kemudian diasingkan ke suatu tempat. Karena Nenek Randa merasa kesepian dan tinggal di rumah yang banyak ditumbuhi aneka rupa jenis bunga, maka Nenek Randa pun merangkai bunga-bunga tersebut. Rangkaian bunga tersebut kemudian dijual Nenek Randa ke kerajaan dengan mengayuh jukung, dan ternyata banyak yang menyukainya kemudian membelinya.

“Saya menekuni profesi sebagai penjual dan pembuat rangkaian payung kembang ini sejak masih kecil. Awalnya membantu ibu dan nenek, lama-kelamaan menyukai pekerjaan ini. Pada sekitar tahun 2009 dan 2010 pernah juara pertama sebagai perangkai payuang kembang ini,” tuturnya.

Tahun berikutnya, kata Syamsiah tidak diperbolehkan ikut karena juara bertahan tadi. Namun, pada 2014 ini Syamsiah diundang kembali untuk memeriahkan lomba Hari Jadi Provinsi ini. “Alhamdulillah, saya dapat juara kedua,” katanya. Woel

Hasil Lengkap Lomba Merangkai Payung Kembang:
Arianti Juara pertama
Syamsiah Juara kedua
Faranah Juara ketiga
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Fallon01-08-2017 10:37:36 My brother suggested I might like this website.
    He was entirely right. This post actually made my day.
    You can not imagine just how much time I had spent for
    this info! Thanks!

Web Statistik

Total Kunjungan : 2152686
Kunjungan Hari Ini : 1075
Online User : 33
Last Update : 24-02-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji BanjarmasinLowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]