Truk Gandeng Dilarang Beroperasi H-4 hingga H+3 Lebaran

keselamatan mudik lebaran 2017

Dirjen Hubdat Pudji Hartanto Iskandar. Noval Dhwinuari Antony/detik

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub melakukan kebijakan pembatasan kendaraan angkutan barang pada mudik lebaran menjadi 2 kategori. Tujuan dari kebijakan ini untuk kenyamanan dan keselamatan mudik Lebaran 2017.

"Untuk pembatasan operasional angkutan barang, itu juga sudah keluar surat dari peraturan Dirjen Perhubungan Darat untuk dilaksanakan. Artinya bahwa kendaraan angkutan barang ada dua kategori, itu (pertama) yang lebih dari 2 sumbu, tempelan, gandengan, itu tidak boleh beroperasi atau dibatasi operasinya dari mulai H-4 sampai dengan H+3," ujar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Pudji Hartanto Iskandar di Jembatan Timbang Balong Gandu, Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Kebijakan ini dilakukan untuk seluruh pulau Jawa dan Lampung. Kategori kedua adalah kendaraan angkut galian pasir, semen, besi, dan bahan material lainnya. Kendaraan angkut kategori 2 ini dibatasi sejak H-7 dan H+7 lebaran.

"Itu tidak diizinkan atau dibatasi sejak H-7 sampai H+7 karena bebannya sangat berat. Nah ini semua tujuannya untuk kelancaran dan keselamatan," katanya.

Pudji mengatakan, kendaraan angkut kadang memperlambat kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran. Hal ini karena truk-truk angkut kadang membawa barang melebihi kapasitas dan menimbulkan kemacetan.

"Kelancaran apa, karena kalau truk itu kan pelan, lambat, jadi akan menimbulkan macet. Keselamatan, keamanan karena sering saja bebannya over load dan dia terbalik. Dan Alhamdulillah kemarin sudah saya sosialisasikan juga dan semuanya menerima," imbuhnya. detik

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1623220
Kunjungan Hari Ini : 838
Online User : 23
Last Update : 25-06-2017

Sodo Muncul Tolak Linu Herbal

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

[Get This]