Turis Telanjang Penyebab Gempa Bumi Sabah

Gunung Kinabalu

Masyarakat lokal menganggap Gunung Kinabalu sebagai tempat keramat.Getty Images

Wakil Menteri Besar Sabah, Joseph Pairin Kitingan, mengatakan gempa bumi di kawasan itu disebabkan oleh sejumlah turis asing yang berpose telanjang di puncak Gunung Kinabalu.

Dia lalu mengecam seorang pemandu wisata lokal karena tidak berupaya mencegah mereka melakukan tarian telanjang.

Gempa berkekuatan 6,0 skala Richter itu terjadi di dekat gunung tertinggi di Asia Tenggara itu sehingga menewaskan 16 pendaki, termasuk anak-anak sekolah. Para penyelamat masih berupaya mencari dua jasad lain.

Menurut Pairin, ulah para turis membuat roh-roh di gunung menjadi marah.

"Gempa dapat dianggap sebagai sebuah konsekuensi dari tindakan mereka. Kami harus menjadikan tragedi ini sebagai sebuah pengingat bahwa keyakinan lokal dan kebiasaan tidak dapat tidak dihormati," ujarnya sebagaimana dilansir BBC, Selasa (9/6/2015).

Sehari sebelum gempa terjadi, dia mengatakan melihat burung-burung terbang berputar selama setengah jam. Kejadian itu, menurut Pairin, ialah sebuah pertanda buruk.

Masyarakat lokal percaya Gunung Kinabalu merupakan kawasan keramat dan tempat peristirahatan terakhir leluhur mereka.

Tetapi tidak semua masyarakat Sabah berpikir bahwa aksi turis yang berpose telanjang menjadi penyebab bencana tersebut. "Saya tidak mengatakan apakah turis menjadi penyebab gempa atau bukan. Kami merupakan masyarakat modern tetapi kami juga memiliki kebiasaan lokal yang harus dihormati," jelas pemandu pendakian Gunung Kinabalu, Supni.

Meski Supni menilai aksi para turis bukan penyebab gempa bumi, dia mengatakan ulah mereka merupakan bentuk penghinaan. Kepada BBC, Supni menegaskan para turis itu harus dihukum.

Ketika gempa terjadi, Supni tengah memandu para pendaki dari Cina dan Malaysia menuju puncak gunung.

Dia mengatakan mereka terpaksa untuk berjalan kaki lebih dari 12 jam setelah diberitahu bahwa helikopter tidak dapat menjangkau lokasi mereka karena cuaca buruk.

Supni mengatakan dia melihat beberapa jenazah terjebak di bawah bebatuan.

"Kami saling memberitahu agar tetap diam setiap saat melihat mayat sebagai bentuk penghormatan. Banyak orang menangis dan kami berupaya saling menguatkan," kata dia.

Menteri Pariwisata Sabah mengumumkan hari berkabung dan mengibarkan bendera setengah tiang.

Gempa besar sangat jarang terjadi di Malaysia. Negara yang terletak di wilayah yang disebut "cincin api", terdapat banyak aktivitas seismik.

Antropolog Paul Porodong dari Universitas Malaysia Sabah mengatakan kepada koran the Star bahwa masyarakat adat lokal selalu mengaitkan tindakan yang melecehkan dengan sebuah insiden dan kejadian sebelum gempa bumi ini sesuai dengan keyakinan mereka.

Otoritas Malaysia telah mengidentifikasi mereka yang disebut turis telanjang, termasuk dua orang warga Kanada, dua orang Belanda dan seorang Jerman.

Penjaga perbatasan telah diperingatkan untuk menghentikan warga asing itu untuk keluar dari Malaysia selama penyelidikan berlangsung, dan media lokal melaporkan bahwa salah kelompok wisatawan itu telah ditahan.

Pejabat setempat mengatakan mereka berencana menggelar sebuah ritual tradisional untuk "menenangkan roh-roh" di Gunung Kinabalu. Jennifer Pak/BBC


 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Antwan02-09-2017 23:13:04 I have to thank you for the efforts you've put in penning this
    website. I am hoping to check out the same high-grade blog posts from you in the future as well.

    In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my own, personal blog
    now ;)

Web Statistik

Total Kunjungan : 2653942
Kunjungan Hari Ini : 541
Online User : 65
Last Update : 20-06-2018

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Lowongan Kerja KARIR PAD

[Get This]