Upah Minimum Provinsi Banten Rp 1,6 Juta

Pemerintah Provinsi Banten menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp1.600.000 pada 2015. Besaran UMP Banten ini naik sebesar 20,72 persen dibandingkan dengan UMP Banten tahun 2014 yang nilainya mencapai Rp1.325.0000. UMP Banten ini akan menjadi acuan untuk penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2015, agar nilai UMK tidak lebih rendah dari UMP.

“Setelah melalui proses panjang, akhirnya disepakati UMP Banten 2015 sebesar Rp 1,6 juta. Meskipun pembahasannya dilakukan lebih dari tiga kali dan beberapa kali deadlock, akhirnya Dewan Pengupahan bisa menetapkan UMP 2015 tepat waktu,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, Jumat (31/10/2014).

Menurut Hudaya, UMP 2015 yang ditetapkan telah melalui berbagai pertimbangan dan disetujui oleh Dewan Pengupahan. Di Dewan Pengupahan terdapat unsur pemerintah, serikat pekerja, dan asosiasi pengusaha.

Hudaya mengatakan UMP yang telah ditetapkan merupakan jalan tengah, setelah Dewan Pengupahan mengkaji survei komponen hidup layak (KHL) delapan kabupaten/kota yang ada di Banten. Dia mengklaim besaran UMP merupakan aspirasi serikat buruh dan aspirasi asosiasi pengusaha semuanya diakomodir.

Dari survei KHL yang diterima dari kabupaten/kota ke Pemprov Banten, Hudaya mengatakan KHL tertinggi adalah Kabupaten Tangerang sebesar Rp2,4 juta sedangkan KHL terendah dari Kabupaten Lebak sebesar Rp 1,4 juta.

“Sebelum membahas UMP 2015, kami meminta laporan survei KHL tiap kabupaten/kota. Laporan KHL kabupaten/kota tersebut sangat penting untuk mengetahui kemampuan setiap daerah,” kata Hudaya.

Sementara Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, keputusan yang diambil dalam menetapkan UMP Banten 2015 tidak akan memuaskan semua pihak. Namun demikian, keputusan tersebut perlu diapresiasi karena ditetapkan dengan musyawarah di Dewan Pengupahan. Bin

Sumber: tempo.co
 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Web Statistik

Total Kunjungan : 1744849
Kunjungan Hari Ini : 205
Online User : 19
Last Update : 16-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Kokyaku Japanese Food

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Gado-Gado Ayomo Banjarmasin

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]