Zat Pewarna Pengaruhi Mutu Sasirangan

Zat Pewarna Sasirangan

Sasirangan. Foto: Yudi Yusmili

Zat pewarna berkualitas sangat menentukan mutu produk sasirangan yang dihasilkan oleh pengrajin. Pemakaian zat pewarna berkualitas rendah, dapat menyebabkan busana sasirangan luntur tak hanya saat dicuci bahkan saat pemakainya berkeringat.

“Kalau zat pewarna produksi Jerman atau Jepang tak akan luntur bahkan dicuci di mesin pun tak luntur. Ada bukti buatan saya 30 tahun lalu warnanya tak berubah,” ujar Ida Fitriah Kesuma pemilik Sasirangan Cahaya berlokasi di Jalan Raga Samudera, Kayu Tangi Tembus Perumnas ini.

Sasirangan adalah kain khas Banjar, Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu kain tradisional unggulan Nusantara seperti halnya batik.

Ida menyebutkan saat proses pembuatan sasirangan, produsen juga harus mengerti tentang tabel warna. Jika tidak, maka saat ada order pesanan kain dengan warna tertentu, konsumen tidak kecewa karena pesanannya tidak sesuai harapan.

Peraih Anugerah Budaya Tahun 2011 dari Gubernur Kalsel sebagai Pelopor Kain Sasirangan ini menambahkan penggunaan garam pembangkit dalam proses pewarnaan kain dapat membuat warna sasirangan berkarakter sehingga saat dipakai sebagai busana nampak berbeda dan menarik perhatian.

Tak kalah pentingnya, menurut Ida, penggunaan motif-motif bahari (motif tempo dulu dan langka) membuat sasirangan lebih berkelas dibanding produksi massal yang memakai motif pasaran.

“Saat ini saya mengerjakan 28 lembar kain sasirangan pesanan pegawai kantor Kecamatan Banjar Selatan, saya bikinkan motif akar pohon di tengah-tengahnya ada daun,” ujar keponakan desainer terkenal ibukota Fauzan Ramon ini.

Beberapa motif sasirangan yang terbilang kuno, menurut Ida, antara lain Naga Balimbur, Kulat Kurikit, Turun Dayang, Awan Bairing, Kembang Cengkeh, Bayam Raja, Bintang Bahambur dan Ombak Sinapur Karang. Aly

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

1 Komentar





Validasi
  • Amado30-07-2017 19:48:31 Greetings from Colorado! I'm bored to death at work so I
    decided to check out your website on my iphone during lunch break.
    I really like the information you provide here and can't wait to
    take a look when I get home. I'm amazed at how quick your blog loaded on my
    mobile .. I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyways, fantastic blog!

Web Statistik

Total Kunjungan : 1751196
Kunjungan Hari Ini : 945
Online User : 13
Last Update : 19-08-2017

KukuBima Sido Muncul

Amplang Khas Banjarmasin

Gado-Gado Ayomi

kirim kabar ke : kabar.bc@gmail.com

Travel Haji Banjarmasin

Lowongan Kerja KARIR PADwww.karirpad.com/lowongan/kerja/semuanya

[Get This]